Wapres Berharap Pengusaha Bayar THR Pekerja Secara Baik

Wapres Berharap Pengusaha Bayar THR Pekerja Secara Baik
Ilustrasi (Net)

Analisadaily.com, Jakarta - Wakil Presiden, Ma'ruf Amin, berharap para pengusaha menjalankan kewajibannya atas pembayaran tunjangan hari raya (THR) Idul Fitri 1443 Hijriah secara baik di tengah kondisi perekonomian yang juga sudah mulai membaik.

"Saya sih berharap supaya, sekarang kondisinya sudah lebih baik lagi, saya harap para pengusaha itu melakukan kewajibannya untuk membayar THR ya," kata Ma'ruf Amin, dilansir dari Antara, Kamis (24/3).

Hal itu disampaikannya saat menjawab pertanyaan berkaitan penundaan pembayaran THR yang terjadi pada Idul Fitri tahun sebelumnya karena pandemi Covid-19.

Menurutnya di tengah kondisi Covid-19 mulai terkendali dan berbagai sektor perekonomian juga sudah mulai pulih, maka diharapkan pembayaran THR bisa dilakukan sesuai ketentuan.

"Ya saya kira para pengusaha jangan berusaha untuk menunda lagi, barang kali itu," sebutnya.

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, yang mendampingi Wakil Presiden menyebut THR merupakan hak pekerja yang dijamin undang-undang sehingga harus diberikan kepada pekerja.

Fauziyah menjelaskan, pada 2020 dan 2021, karena kondisi pandemi pada saat itu, maka disepakati pembayaran THR bisa diberikan hingga Desember. Namun pada tahun ini, dia mengatakan pembayaran THR akan diberikan sesuai ketentuan.

"Namun seiring dengan perkembangan ekonomi yang semakin baik dan pandemi Covid-19 yang juga sudah bisa diatasi dengan baik, maka ketentuan mengenai pembayaran THR akan dikembalikan sebagaimana ketentuan perundang-undangan," ujarnya.

(EAL)

Baca Juga

Rekomendasi