Jamaah Tarekat Naqsabandiyah Al-Kholidiyah Jalaliyah Rayakan Idul Fitri 1 Mei

Jamaah Tarekat Naqsabandiyah Al-Kholidiyah Jalaliyah Rayakan Idul Fitri 1 Mei
Jamaah Tarekat Naqsabandiyah Al-Kholidiyah Jalaliyah di Sumatera Utara (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Jamaah Tarekat Naqsabandiyah Al-Kholidiyah Jalaliyah di Sumatera Utara menetapkan Idul Fitri 1443 Hijriyah pada Minggu 1 Mei 2022.

"Idul Fitri nantinya bertepatan tanggal 1 Mei 2022," kata jemaah Naqsabandiyah, Syekh Muda Markum, Jumat (29/4).

"Penetapan awal Syawal itu ditetapkan berdasarkan hisab Qamariyah yang dilakukan di Bandar Tinggi, Kabupaten Simalungun," sambungnya.

Sementara pelaksanaan salat Id akan digelar di masing-masing rumah persulukan milik tarekat tersebut yang sudah tersebar di sejumlah wilayah di Sumatera Utara

Syekh Muda Markum menjelaskan bahwa tahun ini Tarekat Naqsabandiyah berpuasa selama 30 hari karena sebelumnya mereka sudah terlebih dahulu berpuasa pada 1 April 2022.

"Jadi kalau tanggl 30 (April) nanti pas 30 hari puasa, tanggal 1 (Mei) nya 1 Syawal," jelasnya.

"Perayaan Idul Fitri sepert biasa melaksanakan Salat Id di rumah ibadah suluk di Bandar Tinggi, Simalungun. Tentu di Medan juga kita buat di rumah suluk di Desa Marendal 1 di Deli Serdang," sambung Syekh Muda Markum.

Syekh Muda Markum menambahkan bahwa kemungkinan salat id akan membludak pasca pelonggaran yang dilakukan oleh pemerintah.

"Tidak seperti tahun lalu sekrang sudah ada pelonggaran, jadi jumlahnya jemaah salatnya lebih banyak. Namun, kami tetap melaksanakan dengan protokol kesehatan," tukasnya.

(JW/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi