Tips Menjaga Pita Suara Tetap Sehat dari dr. Ardyansyah Nasution, Sp.T.H.T.

Tips Menjaga Pita Suara Tetap Sehat dari dr. Ardyansyah Nasution, Sp.T.H.T.
Dr. Ardyansyah Nasution, Sp.T.H.T. (Analisadaily/Irfan Nasution.)

Analisadaily.com, Padangsidimpuan - Menjaga kesehatan pita suara sekarang ini masih banyak disepelekan.

Padahal, siapa pun tentunya harus menjaga kesehatan pita suara, karena suara merupakan salah satu sarana komunikasi dengan orang lain.

Setiap orang tentu akan berhadapan dengan dampak buruk yang luar biasa jika sudah mengalami masalah dengan suaranya. Suara parau dan serak, bahkan hilangnya suara tentu akan sangat mengganggu komunikasi terutama pada jenis pekerjaan tertentu.

Contohnya saja nodul pita suara, kondisi yang sering dialami oleh guru, penyanyi atau pekerjaan lain yang memakai suara secara berlebihan.

Terjadi pertumbuhan tidak normal berupa penonjolan (non-kanker) di kedua pita suara, yang kemudian saling bersentuhan di kedua pita suara. Pasien pada kondisi ini akan berbicara dengan suara serak (parau) bahkan hilang suara.

Terkait hal itu dr. Ardyansyah Nasution, Sp.T.H.T. yang saat ini praktik di RSU Inanta Padangsidimpuan dan RSUD Gunungtua Kab. Padanglawas Utara menjelaskan dan memberikan Tips menjaga kesehatan pita suara (vocal hygiene) untuk pembaca Analisadaily.com, Kamis (07/08).

1. Tubuh cukup cairan. Minum air 6-8 gelas sehari. Tingkatkan jumlah air yang diminum saat cuaca panas atau berbicara dalam jangka waktu yang lama.

2. Menghindari pemakaian suara berlebihan seperti berteriak, berbisik, berdehem, batuk yang dipaksakan. Batasi lama dan banyaknya bicara, jika sudah terasa lelah istirahat bicara (vocal rest).

3. Stop konsumsi alkohol dan batasi konsumsi minuman berkafein.

4. Stop merokok dan menghindari asap rokok.

5. Cegah terjadinya asam lambung naik ke tenggorok dengan mengurangi konsumsi makan asam, pedas, berminyak, bersantan, minuman soda, terlambat makan, dll. Hindari makan sebelum tidur, dan pakaian yang terlalu ketat.

6. Hindari lingkungan yang dapat mengiritasi pita suara (lingkungan berdebu, asap, bahan-bahan lain yang mengiritasi, bahan kimiawi dan udara yang kering).

7. Hindari postur tubuh bungkuk saat duduk dan berdiri (membebani struktur pita suara).

8. Jangan berbicara terlalu cepat, atau memaksakan menyelesaikan satu kalimat dalam satu nafas.

9. Bernafas melalui hidung, agar udara menjadi lebih lembab.

Demikian tips menjaga kesehatan pita suara dari dokter spesialis lulusan Departemen Ilmu Kesehatan T.H.T.K.L Universitas Sumatera Utara (USU) ini. Semoga bermanfaat.

(IAN/BR)

Baca Juga

Rekomendasi