Mudik Gratis Pemko Medan, Pendaftar Sudah Mencapai 900 Orang

Mudik Gratis Pemko Medan, Pendaftar Sudah Mencapai 900 Orang
Petugas Dinas Perhubungan Kota Medan sedang melengkapi data-data masyarakat yang mengikuti mudik gratis Pemerintah Kota Medan di Lapangan Merdeka, Kamis (21/4). (Analisadaily/Christison Sondang Pane)

Analisadaily.com, Medan - Pemerintah Kota (Pemko) Medan secara gratis memfasilitasi masyarakat yang hendak mudik ke kampung halaman saat Idul Fitri 1443 Hijriah.

Sejak dibuka posko pendaftaran hari Rabu (20/4) warga tampak antusias mengikuti program tersebut.

Kepala Seksi Pengendalian dan Penertiban Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Medan, Martin Tampubolon, mengatakan jumlah warga yang sudah mendaftarkan diri hingga hari ini kurang lebih mencapai 900 orang.

"Dua hari setelah dibuka antusias warga cukup tinggi. Hingga sekarang sudah 900an orang. Tujuan pemudik yang difasilitasi hanya di dalam Sumatera Utara saja," kata Martin saat ditemui di tempat registrasi mudik gratis di Lapangan Merdeka Medan, Kamis (21/4).

Menurutnya pemudik akan dibawa menggunakan beberapa bus dan keberangkatan pertama dari Lapangan Merdeka pada tanggal 29 April 2022.

Martin juga menjelaskan bahwa setelah hari kedua akan dilakukan evaluasi untuk membicarakan persoalan kuota pemudik dan lain-lainnya demi kelancaran.

Sementara persyarakatan untuk ikut mudik gratis antara lain membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP), satu keluarga hanya empat orang dan sudah mengikuti vaksinasi.

Setelah masa pendaftaran berakhir tanggal 25 April, akan dilakukan daftar ulang pada 27 April, termasuk soal vaksinasi lengkap atau tidak.

"Kita juga mengimbau warga yang nantinya akan berangkat tetap menjaga kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan," tambah Martin.

Keberangkatannya mulai tanggal 29, 30 April dan 1 Mei 2022. Sedangkan rute perjalanan mudik gratis yakni:

1. Medan-Rantau Parapat-Kota Pinang-Gunung Tua-Palas-Sibuhuan

2. Medan-Parapat-Sipirok-Sidempuan-Panyabungan-Natal

3. Medan-Tarutung-Sibolga-Panyabungan

4. Medan-Sidikalang- Pakpak Bharat

(CSP/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi