7 Cara Membedakan Sepatu Asli dan Tiruan

7 Cara Membedakan Sepatu Asli dan Tiruan
Foto ilustrasi Sepatu Fila (Internet)

Analisadaily.com, Medan - Sepatu atau sneakers adalah salah satu fashion yang wajib dimiliki kaum milenial saat ini. Kemajuan zaman yang membuat semua hal dapat dilakukan dengan perangkat digital membuat dunia fashion juga mengikutinya. Semenjak kegiatan belanja dapat dilakukan secara daring atau online, masyarakat jadi lebih mudah menemukan produk yang diinginkannya, salah satunya adalah produk fashion. Banyak jenis dan model baru dikeluarkan oleh berbagai perusahaan demi menarik minat pelanggan. Itu adalah salah satu dampak positif dari kemajuan teknologi.

Akan tetapi, sama seperti beberapa hal, selain dampak positif, terdapat pula dampak negatifnya. Dalam hal jual beli online ini, banyak orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang meniru produk atau karya asli dari suatu perusahaan. Hal ini dilakukan semata-mata karena ingin meraup keuntungan yang besar.

Salah satu produk fashion yang sering dibuat tiruannya adalah sepatu. Sepatu-sepatu dengan kualitas baik yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan banyak ditiru dan dijual dengan harga yang lebih murah. Salah satunya adalah brand ternama yang cukup banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, Fila. Fila adalah salah satu brand sepatu luar yang banyak digemari masyarakat Indonesia.

Saking banyaknya yang menggemari, hal itu justru membuat banyak orang tak bertanggung jawab yang membuat produk tiruan dari brand ini. Oleh karena itu, Anda perlu berhati-hati dan lebih teliti lagi saat membeli sepatu. Jangan sampai hal ini membuat Anda menjadi rugi.

Lantas, bagaimana cara membedakan sepatu asli dengan sepatu tiruan? Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengantisipasi mendapatkan sepatu yang tidak asli.

Cara Mendapatkan Sepatu Original

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan supaya mengetahui keaslian dari produk yang Anda beli.

  • Memeriksa Boks Sepatu

Semua produk sepatu yang didistribusikan dan diimpor oleh sebuah brand resmi, pasti terdapat boks di dalam pengemasannya. Boks sepatu tersebut dapat berbeda-beda. Seperti beda bentuknya, warna, hingga bahan. Beberapa brand juga memiliki beberapa jenis boks yang sesuai dengan tipe sepatunya.

Lantas, bagaimana cara membedakan sepatu original dan tiruan berdasarkan boksnya? Perlu diingat bahwa setiap sepatu asli pasti memiliki beberapa hal. Seperti stiker produk, kode produk, hingga penggunaan dan perawatan produk. Selain itu, biasanya juga terdapat boks yang di dalamnya ada cap bahwa produk tersebut telah lulus Quality Control.

  • Memeriksa Kode Produk

Setiap produk sepatu yang asli pasti memiliki tag. Tag ini umumnya berada di lidah sepatu bagian dalam, atau di dalam sepatu pada bagian samping. Tag ini akan memberikan informasi mengenai ukuran dan kode sepatu. Pastikan bahwa ukuran dan kode tersebut sesuai dengan informasi yang tertera pada boks sepatunya.

  • Aroma Sepatu

Memang hal ini terdengar agak aneh, tetapi memang ternyata aroma yang dikeluarkan dari sepatu yang baru dibeli dapat menandakan keaslian dari produk tersebut. Sepatu dengan brand bagus seperti Fila tentu dibuat dari sol yang terbuat dari karet yang berkualitas.

Maka sepatu Fila akan mengeluarkan aroma yang khas, berbau seperti karet. Akan tetapi, jika sepatu yang Anda beli berbau menyengat seperti plastic atau lem, maka tandanya sepatu tersebut tidak asli.

  • Insole Sepatu

Sebagian besar sepatu brand terkenal yang orisinal memiliki insole di dalamnya. Umumnya, insole sepatu asli terbuat dari busa dengan kualitas yang bagus. Serta pada bagian tempat kaki berpijak akan terbuat dari bahan kain yang sangat halus. Insole pada sepatu yang original akan dibuat dengan sangat berkualitas dan mendetail.

  • Build Quality

Kualitas dari pembuatan sepatu yang asli sudah pasti berbeda dengan sepatu replica. Salah satu kualitas pembuatan yang bisa dilihat adalah terletak pada bagian jahitannya. Jahitan pada sepatu asli akan lebih rapat dan lebih rapi dibandingkan dengan sepatu replika. Akan tetapi, bagi beberapa orang mungkin akan mengalami sedikit kesulitan untuk membedakan jahitan yang asli dan palsu jika tidak membandingkannya secara langsung.

  • Harga

Harga adalah salah satu hal yang dijadikan cara untuk memeriksa keaslian dari suatu produk sepatu. Sepatu yang original, tentu memiliki harga yang cenderung lebih mahal, sebab kualitasnya tidak diragukan lagi. Selain itu, harga dari setiap model sepatu bisa saja berbeda.

Sebaliknya, sepatu yang tidak asli umumnya dijual dengan harga yang lebih murah. Selain itu, penjual akan memukul rata harga setiap model sepatu. Selain karena bahan yang digunakan berbeda, hal ini dilakukan untuk menarik minat dari pelanggan.

  • Reputasi Penjual

Jika ingin membeli sepatu secara online, pastikan Anda membaca ulasan dari pembeli sebelumnya. Periksalah bagaimana penilaian pelanggan mengenai produk, toko, dan penjualnya. Anda juga dapat memeriksa sertifikat asli bila diperlukan.

Oleh karena itu, pilihlah tempat dengan penjual yang aman dan bertanggung jawab. Platform jual beli online seperti Blibli adalah rekomendasi tempat membeli sepatu yang bisa Anda kunjungi.

(REL/JG)

Baca Juga

Rekomendasi