5 Tips Jualan di Toko Online Supaya Makin Dilirik Pelanggan

5 Tips Jualan di Toko Online Supaya Makin Dilirik Pelanggan
Foto ilustrasi (Internet)

Analisadaily.com, Jakarta - Sekarang adalah masanya berbisnis secara online, contohnya dengan membuka toko untuk jualan online. Hal ini dikarenakan orang-orang lebih memilih belanja dari rumah sehingga terhindar dari kemacetan, panas, hujan, ataupun polusi. Segala macam kebutuhan Anda pun dapat ditemukan di internet, oleh karena itu tak ada salahnya Anda mencoba berbisnis online untuk mendapat penghasilan.

Namun tidak semua orang tahu caranya bagaimana harus memulai bisnis secara online. Selain karenanya tingginya persaingan antar toko online, beberapa orang juga masih bingung apa saja yang harus dipersiapkan saat akan berbisnis online. Nah, berikut ini 5 tips jualan di toko online supaya produk-produk Anda makin dilirik pelanggan. Yuk, simak sama-sama!

  • Kenali Keunikan Produk yang Anda Jual
Pertanyaan pertama yang harus Anda jawab sebelum berbisnis online adalah, apa keunikan atau unique selling points (USP) dari produk yang Anda jual? Saat pertanyaan ini dilontarkan, acapkali jawaban yang mengemuka adalah kualitas barang yang terbaik, kemudian harga yang bersaing. Namun sesungguhnya jawaban yang harus muncul adalah apa yang membedakan barang Anda dengan barang-barang lain yang sudah ada di pasaran saat ini.

Keunikan produk tidak harus banyak kok, cukup temukan satu saja yang membedakannya dengan yang lain sehingga apabila ada barang yang serupa, pelanggan atau pembeli langsung tertuju ke toko online Anda.

Sebagai contoh, unique selling point Blibli sebagai salah satu marketplace terbesar di Indonesia adalah memperhatikan kepuasan pelanggan dan pelayanan maksimal dalam menjawab pertanyaan dari konsumen. Ingat, temukan USP Anda sesuai dengan target pasar yang Anda sasar.

  • Pelajari dan Pahami Statistik Data dari Internet
Data dari internet atau sering disebut analitik dan insight adalah bagian yang penting dalam mengembangkan bisnis Anda secara online. Melalui data yang disuguhkan oleh platform penjualan Anda, seperti website, marketplace, dan sosial media maka Anda akan mengetahui karakteristik pasar dan pelanggan Anda.

Pelajari dengan sungguh-sungguh data yang ada untuk mengetahui kapan jam belanja paling tinggi, profil pelanggan Anda, hingga kata kunci dan konten-konten populer yang cocok diunggah di kanal-kanal penjualan Anda. Anda bahkan bisa memberikan promo tertentu pada waktu-waktu khusus untuk meningkatkan penjualan.

  • Buat Toko Online Anda Mudah Ditemukan di Halaman Mesin Pencari
Ada banyak aplikasi yang bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan penemuan toko Anda di dunia internet. Apabila anda mempunyai toko online dan toko fisik, Anda harus mempertimbangkan menggunakan aplikasi Google Profil Bisnis yang terintegrasi dengan peta serta mesin pencari.

Anda juga bisa melakukan optimasi toko online Anda menggunakan teknik Search Engine Optimization (SEO) yaitu menyisipkan kata kunci di seluruh platform digital Anda, utamanya di halaman website Anda sehingga produk dan brand Anda mudah ditemukan oleh pelanggan melalui mesin pencari.

Agar kepopuleran toko Anda tetap terjaga, maka Anda harus sering update kanal - kanal penjualan toko online Anda dengan konten - konten yang bermutu. Usahakan untuk posting konten menarik minimal seminggu sekali di kanal penjualan online Anda agar para pelanggan tetap mengingat brand Anda secara berkala.

  • Terapkan Taktik Word of Mouth
Sebenarnya strategi pemasaran word of mouth (WOM) ini adalah strategi yang cukup lama namun tetap efektif digunakan hingga hari ini. Strategi ini membuat produk Anda dijadikan bahan pembicaraan oleh banyak orang alias WOM. Selain meningkatkan penjualan, strategi ini juga bisa meningkatkan kepopuleran produk Anda di masyarakat.

Lalu, bagaimana caranya supaya produk Anda dijadikan pembicaraan oleh banyak orang? Anda bisa mencoba strategi ini dengan mempromosikan produk Anda kepada teman-teman terdekat, rekan kerja, maupun saudara.

Setelah itu Anda bisa mulai menggunakan jasa influencer di sosial media. Tidak harus influencer yang nahal, pastikan influencer tersebut memiliki interaksi yang baik dengan para followernya. Anda mungkin harus mempertimbangkan menggunakan hashtag tertentu di media sosial yang berkaitan dengan produk Anda apabila menggunakan jasa influencer.

  • Utamakan Kepuasan Pelanggan
Kepuasan pelanggan yang tercermin dari review dan ulasan pelanggan adalah salah satu hal utama yang harus Anda jaga saat berbisnis secara online. Oleh karena itu bangunlah sistem yang dapat menunjang kepuasan pelanggan contohnya menanggapi pertanyaan konsumen dengan cepat.

Usahakan untuk membalas pesan dari pelanggan baik itu lewat chat messenger ataupun melalui direct message kurang dari 24 jam. Jika Anda tidak menanggapi pesan tersebut dalam waktu yang singkat, ada kemungkinan pembeli sudah membeli produk tersebut dari penjual yang lain.

Anda juga harus selalu ramah kepada pelanggan supaya pengalaman berbelanja mereka menyenangkan di toko online Anda. Sebagai pemilik bisnis Anda juga bisa memberikan komplemen kepada para pelanggan contohnya memberikan diskon untuk item tertentu, memberikan fasilitas gratis ongkos kirim, ataupun memberikan diskon khusus saat pelanggan Anda berulang tahun.

Apabila ada pelanggan yang tidak puas, maka harus ditanyakan secara baik-baik tanpa ada emosi sehingga pelanggan tidak memberikan ulasan negatif bagi toko online Anda.

Itu dia beberapa tips berjualan di toko online yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan penjualan. Semoga informasinya bermanfaat dan dapat membantu meningkatkan omset bisnis Anda. Selamat mencoba!

(REL/JG)

Baca Juga

Rekomendasi