Program Visiting Professor FH UMA Gelar IEL

Program Visiting Professor FH UMA Gelar IEL
Program Visiting Professor FH UMA Gelar IEL. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Fakultas Hukum (FH) Universitas Medan Area (UMA) bekerja sama dengan Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang menggelar International Expert Lectures (IEL) dalam rangka kegiatan Program Visiting Professor, Selasa (26/7) dan Rabu (27/7).

Kegiatan dengan tema Quo Vadis Globalization Landcape Post Covid-19 Pandemic yang dibagi ke dalam dua seri di mana Seri-1 dengan tema Law, Social, dan Economy dan seri- 2 dengan tema Law, Ideologi, dan Culture.

Kegiatan ini dilaksanakan secara daring (online) yang dihadiri narasumber dari berbagai universitas di Indonesia, Malaysia dan India.

Pada hari pertama kegiatan dipandu pembawa acara dari mahasiswa FH yaitu Dwi Adelia dan dua orang moderator dari dosen FH UMA yaitu Nanang Tomi Sitorus, S.H., M.H. pada seri ke 1 dan Ari Kartika, S.H, M.H. pada seri ke 2.

Kegiatan ini dihadiri sejumlah 280 peserta secara online dan dibuka Wakil Rektor Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Medan Area Sherly Maulana, ST, MT.

Pada kegiatan ini Sherly menyampaikan pandemi Covid-19 telah terjadi sejak akhir tahun 2019 sampai saat ini. Pandemi ini sangat berpengaruh pada sektor pendidikan, ekonomi dan masalah-masalah sosial lainnya. Ia juga sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Fakultas Hukum Universitas Medan Area dan memberikan semangat agar kegiatan ini berjalan lancar sampai hari akhir. Lebih lanjut ia mengharapkan semoga kegiatan ini memberikan dampak yang besar dan manfaat bagi dunia pendidikan khususnya bagi UMA dan Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang.

Kemudian 16 narasumber antara lain

Dr M Citra Ramadhan, SH, MH, Dosen Fakultas Hukum di Universitas Medan Area dengan judul Challenged in Intellectual Property Law Enforcement om the Creative Industry Sector in the Post Pandemic, Dr Aulia Rosa Nasution, SH, MHum, Dosen FH UMA dengan judul Terrorism and Radicalism during the Covid 19 Pandemic Crisis from International Law and Islamic Religion Perspective,

Prof Dr Suswandari, Dosen Studi Sosial di Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka dengan judul Social Economic Dynamics in Vulnerable Communities Densely Populated Areas, Prof Dr Hasanuddin, dosen FSB Universitas Negeri Gorontalo dengan judul The Role of Social Culture Education in New Normal Era in Post Covid -19 Recovery,

Assoc Prof Dr Zainal Arif, dosen Studi Ekonomi Islam di Universitas Muhammadiyah Tangerang dengan Judul Opportunities and challenges for the Post Covid 19 Halal Product Business Post covid 19 pandemic in Indonesia,

Assoc Prof Dr Shahir Akram Hassan, dosen Studi Islam dan Pembangunan di University Sains Malaysia dengan judul Rethinking Research Methodologies in the Covid 19 Pandemic and Beyond.

Prof Akmal Handi Ansari Nasution, dosen di Jindal Global Law School, India dengan judul : Witness/Expert Examination in International Arbitration Post Pandemic, Should we return to physical, Dr Fitrisia Munir, MPhil, dosen Studi Hubungan Internasional di Universitas Islam Riau dengan judul Cross Border Community Mobility and Sectoral Impact on Pandemic Covid 19, Dr. Endang Rudiatin, MSi, CIQaR, dosen Studi Kebijakan Publik Universitas Muhammadiyah di Jakarta dengan judul Recognizing Nationalism at the Border Study of cross Border trade policy during a pandemic. Dr Lili Dahliani, dosen Studi Sosial Ekonomi di Institut Pertanian Bogor dengan judul Productions Operations and Conditions at Palm Oil Plantations during Covis 19 Pandemic,

Dr Mhd Halkis, dosen Studi Ilmu Peperangan Asimetris di Universitas Pertahanan dengan judul Asymmetric Warfare Doctrine in Military Ethics When Facing the Covid-19 Pandemic Emergency,

Dr. Sholahuddin Al Ayubi, MA, dosen Studi Antroplogi dan Sosiologi Agama di Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hassanudin Banten, Serang dengan Judul Religious Authority on Social Media during Covid 19,

Dr Ade Fartini, SAg, MH, dosen Ilmu Hukum Syariah di Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Hasanuddin Banten dengan judul Reinforcement of the Values of Pancasila in facing the challenge of the globalization Era after Covid 19,

Dr Mohd Shukri Hanapi, dosen Studi Pengembangan dan Manajemen di University Sains Malaysia dengan judul Anxiety Disorder Akibat Pandemik Covid- 19 Cadangan Pemulihan Berdasarkan Konsep Psikospiritual Berteraskan Isla.

Dr Mansoor Abdul Hamid dosen Studi Teknologi Pangan di University Sabah Malaysia dengan judul Self reliance of Food Entrepreneurs Community Utilizing Enviromental Agricultural Materials, Hafnidar, PhD, dosen Prodi Psikologi di Universitas Malikussaleh dengan Judul : Self Efficacy, Anxiety, Meaning of Life and Resilience in the Community During Covid-19 Pandemic.

Diskusi pada kegiatan ini sangat menarik dan terlihat para peserta semangat dalam menyimak pemaparan dari narasumber dan peserta juga antusias untuk mengajukan pertanyaan baik dari kalangan dosen dan atau mahasiswa.

Kegiatan kuliah pakar internasional merupakan kegiatan yang dapat memberikan dampak positif serta edukasi dan wawasan yang luas kepada para dosen, mahasiswa diberbagai Universitas di Indonesia dan juga mancanegara dari setiap dosen pemateri dengan latar belakang keilmuan yang berbeda-beda . Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan sebelum kegiatan ini berakhir, pembawa acara memandu para dosen pemateri dan peserta webinar untuk melakukan foto bersama.

(ARU/BR)

Baca Juga

Rekomendasi