SMAN 1 Padang Bolak Gelar Penerimaan Tamu Ambalan

SMAN 1 Padang Bolak Gelar Penerimaan Tamu Ambalan
SMAN 1 Padang Bolak Gelar Penerimaan Tamu Ambalan (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Gunungtua - Ratusan siswa SMA Negeri 1 Padang Bolak mengikuti penerimaan tamu ambalan (PTA), Sabtu (6/8) hingga Minggu (7/8) di SMA Negeri 1 Padang Bolak, Jalan Ki Hajar Dewantara, Kampung Banjir, Lingkungan 7, Kelurahan Pasar Gunungtua.

Penerimaan tamu ambalan ini dikemas menarik dengan berbagai kegiatan, menghadirkan para pemateri dari Kapusdiklat Kwarcab Paluta, Alumni, dan unsur Profesional.

Siswa yang mengikuti acara Penerimaan Tamu Ambalan diwajibkan memakai pakaian pramuka lengkap, sebagaimana siswa yang mengikuti PTA setiap tahun.

Kepala SMA Negeri 1 Padang Bolak, Parulian, didampingi Pembina Pramuka, Rajiun Siregar, mengatakan, Pramuka merupakan organisasi bersifat membina dan mendidik generasi muda untuk menjadi manusia dewasa yang aktif, produktif, enerjik, berdaya guna tinggi, bertanggung jawab, terampil, disiplin, dan berdedikasi tinggi.

"Ini kegiatan resmi dan wajib bagi setiap siswa," ucap Rajiun.

Rajiun menambahkan, dalam Kepramukaan, PTA adalah kegiatan rutin bagi siswa-siswi baru untuk melakukan pindah tingkatan dari penggalang ke penegak. Tujuan dilaksanakannya untuk menarik minat anak sekolah dalam ekstra kurikuler Pramuka.

Peserta dari kegiatan ini seluruh siswa-siswi SMA Negeri 1 Padang Bolak kelas X (sepuluh) dan kelas XII dan XI. Sebelum kegiatan dilakukan, peserta dididik dan dilatih dalam kegiatan rutin setiap Jumat sore, yaitu Kepramukaan.

Mereka dilatih Dewan Ambalan SMA Negeri 1 Padang Bolak yang sudah sangat mahir dan terlatih. Proses pertama seorang anggota baru untuk menjadi seorang Pramuka di Ambalan SMA Negeri 1 Padang Bolak sesuai dengan tradisi setelah dilakukannya PTA barulah seorang anggota dapat disebut Pramuka SMA Negeri 1 Padang Bolak.

Pihaknya berharap dilaksanakan kegiatan ini para peserta didik dapat menanamkan jiwa yang disiplin dan bertanggung jawab dari para peserta didik, khususnya tamu ambalan SMA Negeri 1 Padang Bolak.

(ONG/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi