Pertama di Sumut, Rainmaker Adakan Kelas Kopi Sensory

Pertama di Sumut, Rainmaker Adakan Kelas Kopi Sensory
Pertama di Sumut, Rainmaker Adakan Kelas Kopi Sensory (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Rainmaker's Coffee Class akan mengadakan kelas kopi yang terbuka untuk umum dan bakal menjadi yang pertama menyajikan kelas Sensory di Sumut.

Danny Kusuma, Manager Store Rainmaker, mengatakan pihaknya akan mengadakan kegiatan kelas kopi dengan menggandeng 5758 Coffee Lab. Kegiatan ini akan mengukir sejarah dalam perkembangan bisnis kopi di Sumut.

"Salah satu materi keahlian yang akan diajarkan di kelas nanti adalah Sensory dan ini merupakan yang pertama kalinya di Sumut," ujar Danny, Senin (31/10).

Dia menjelaskan, pihaknya akan mengadakan dua kelas kopi pada 10-12 November 2022 mulai pukul 09.00-17.00 WIB. Pada hari pertama dan kedua akan diadakan Sensory & Olfactory Class.

Secara garis besar, selama dua hari itu instruktur akan mengajarkan peserta mengenal indra pengecap dan penciuman untuk dapat membedakan berbagai rasa serta tingkatan-tingkatannya.

Dalam kelas ini instruktur juga akan mengajarkan peserta mengenal aroma serta karakter rasa dan aroma kopi. Hal-hal itu diajarkan agar peserta berkemampuan mengecap rasa, membedakan rasa manis, asam, asin dan pahit, serta mengenali bagaimana setiap rasa berinteraksi.

Menurut Danny, kelas kopi dengan materi ini masih sangat jarang diadakan di Indonesia. Bahkan ini kali pertama materi tersebut disajikan dari kelas-kelas kopi yang pernah diadakan di Sumut.

Danny menjelaskan, Sensory berbeda dengan Cupping (uji cita rasa). Sensory mencakup kemampuan mengenal indra pengecap serta bagaimana rasa dapat berinteraksi dan lidah dapat mengidentifikasi rasa tersebut.

Pengetahuan ini, kata Danny, bersifat umum. Pengetahuan ini selanjutnya bisa digunakan sebagai dasar untuk menilai cita rasa kopi, atau menilai cita rasa makanan atau minuman lain.

Sedangkan Cupping mempelajari tata cara dan prosedur uji cita rasa serta mendeskripsikan rasa kopi. Pengetahuan ini bersifat lebih khusus, berkaitan dengan penilaian rasa dan kualitas kopi.

Lebih lanjut, Danny mengatakan, pada hari ketiga, Rainmaker akan mengadakan Basic Manual Brewing Class. Adapun salah satu ketrampilan yang akan diajarkan dalam kelas ini adalah teknik seduh manual.

Instruktur juga akan mengajarkan peserta bagaimana pengaruh air dan grind size terhadap rasa, serta alat seduh yang digunakan. "Kelas ini cocok untuk peserta pemula," imbuh Danny.

Dia memastikan, selain mendapat pengetahuan dan ketrampilan, peserta kelas kopi yang akan diadakan di RAZ Residence, Jl. Dr. Mansyur No. 168, Medan, ini juga akan mengantongi sertifikat.

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi