UMSU Raih Akreditasi Unggul dari BAN PT

UMSU Raih Akreditasi Unggul dari BAN PT
UMSU Raih Akreditasi Unggul dari BAN PT (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Alhamdulillah! Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) berhasil meraih akreditasi unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

"Setelah melalui tahapan yang panjang, alhamdulillah pada malam ini saya sampaikan bahwa BAN PT telah menerbitkan SK dan sertifikat akreditasi Unggul bagi UMSU," kara Rektor UMSU, Prof. Agussani, di sela agenda silaturahim kegiatan Muktamar Muhammadiyah di Solo, Kamis (17/11) malam.

Ia mengungkapkan capaian ini sangat membahagiakan, karena diperoleh saat rombongan UMSU sebanyak 150 orang baru saja tiba di Kota Solo dalam menyemarakkan muktamar Muhammadiyah dan Aisyiah.

Rektor UMSU mengaku langsung mengundang seluruh rombongan berkumpul di salah satu rumah makan di Solo, guna menyampaikan informasi gembira ini sekaligus mengadakan silaturrahim dan makan malam.

Acara yang berlangsung sederhana namun meriah itu turut dihadiri unsur BPH UMSU, PWM Sumatera Utara, Wakil Rektor, Dekanat, Direktur Pascasarjana, Badan dan Lembaga serta Pimpinan Prodi, dosen dan tenaga kependidikan.

"Ini tentu sebuah kesyukuran dari hasil kerja keras bersama sehingga UMSU bisa meraih akreditasi unggul," ungkapnya.

Sebelumnya, Prof Agussani sudah lebih dulu mengirimkan kabar akreditasi Unggul ini kepada Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Majelis Diktilitbang Muhammadiyah dan juga LLDIKTI Wilayah I lewat aplikasi pesan WhatsApp.

"Begitu dapat kabar dari BAN PT, kami langsung memberi info ke Ketum, Sekum, Majelis dikti dan juga LLDIKTI, karena kebetulan kita semua berada di Solo," ujarnya.

Prof. Nawir Yuslem, mewakili BPH dalam sambutan mengungkapkan kesyukuran dan selamat atas keberhasilan UMSU meraih akreditasi A.

"Atas nama BPH kami mengucapkan apresiasi yang tinggi atas kerja keras bersama seluruh jajaran di UMSU, BPH dan pengurus wilayah, serta seluruh warga Muhammadiyah, sehingga berhasil meraih akreditasi unggul," katanya.

Hasil yang diraih UMSU, menurutnya, perlu terus dirawat dengan kerja keras dan kerja ikhlas bersama.

Sementara, Ketua PWM Sumut, Prof. Hasyimsyah Nasution menyampaikan selamat atas keberhasilan yang diraih UMSU.

"Kalau kita memiliki kekuatan, kebersamaan dan saling mendukung maka kita akan meraih apa yang kita harapkan. UMSU telah membuktikan itu dan saya memuji kekompakan UMSU," katanya.

Prof. Hasyimsyah berharap UMSU terus mempertahankan kekompakan dan kebersamaan serta kerja keras sehingga bisa terus meraih prestasi.

Kabar gembira di saat kemeriahan Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiah ke-48 di Solo ini menambah catatan prestasi membanggakan di bidang pendidikan tinggi bagi Muhammadiyah.

Karena saat ini terdapat 6 PTMA yang sudah meraih akreditasi Unggul antara lain UMY, UAD, UMM, UMS dan UHAMKA. Secara nasional saat ini baru terdapat 45 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta yang sudah Unggul. Padahal terdapat 4.500 lebih Perguruan Tinggi di Indonesia.

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi