Ketua DK PWI Sumut: Manfaatkan HPN 2023 untuk Promosi Potensi Daerah

Ketua DK PWI Sumut: Manfaatkan HPN 2023 untuk Promosi Potensi Daerah
Ketua PWI Sumut H Farianda P Sinik dan Kadiskominfo Stan Miska Gewasari diabadikan bersama usai pembukaan Bimtek dan Raker PWI Kabupaten Deliserdang di Green Garden, Berastagi. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Berastagi - Ketua Dewan Kehormatan PWI Sumut Drs M Syahrir M.Ikom mengingatkan, pada Februari 2023 PWI Sumut akan menjadi tuan rumah peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023. Artinya akan ada ribuan wartawan dari seluruh provinsi yang menjadi tamu di Sumut.

“Ini kesempatan langka, jadi manfaatkan peluang HPN di Sumut ini untuk mempromosikan potensi daerah. Caranya dengan menghadirkan wartawan dari berbagai daerah/provinsi ke Deliserdang,” katanya saat menjadi pembicara, “Menjaga Integritas dan Profesionalisme Wartawan” pada Bintek dan Rapat Kerja PWI Kabupaten Deliserdang di Berastagi, Jumat (2/12/2022).

Syahrir mengatakan, jangan diharapkan berapa nominal uang yang dihabiskan untuk belanja para wartawan se-Indonesia yang hadir di Deliserdang. Tapi kita harapkan hasil tulisan dari wartawan ini justeru nilainya lebih mahal dari nilai harga produk yang dibeli para wartawan.

“Melalui tulisan para wartawan yang datang, potensi besar Deliserdang akan tepublis dan dibaca khalayak se-Tanah Air. Justeru ini semua nilainya bisa tak terhingga,” paparnya.

Terkait HPN 2023 itu pula, kPWI Kabupaten Deliserdang mendapat tugas utama dalam proses penyambutan tamu di Bandara Kualanamu, Deliserdang. “Maksimalkan kesempatan ini untuk tujuan manfaat guna sebesar-besarnya bagi Deliserdang,” tekan Syahrir.

Sebelumnya, saat pembukaan Bimtek dan Reker PWI Kabupaten Deliserdang itu, Ketua PWI Sumut H Farianda Putra Sinik memberikan apresiasi positif. “Raker dan Bimtek ini baru kali pertama diadakan di PWI tingkat kabupaten. Biasanya ini ‘gawe’-nya PWI Sumut,” katanya.

Didampingi Sekretaris Hamonangan R Panggabean dan WakilKetua Bidang Organisasi Rifki Warisan, Farianda menyebut yang dilakukan PWI Deliserdang ini menjadi pertanda keprofesionalan berorganisasi.

Bupati Ashari Tambunan diwakili Kadiskominfo Stan Deliserdang, Miska Gewasari saat membuka acara itu, menilai Bimtek dan Raker selama 1 – 3 Desember 2022 akan memberikan dampak positif bagi upaya pembangunan daerah.

“Organisasi profesi ini bisa menadi contoh yang baik di kalangan wartawan. Saya harap, kegiatan seperti ini tidak terhenti sampai di sini. Wartawan yang berkompetensi mampu mendukung pembangunan daerah, kalau Deliserdang jadi hebat, maka hebat juga PWI Deliserdang.” Imbuhnya.

Di tempat sama, Ketua PWI Deliserdang Lisbon Situmorang mengatakan, peningkatan SDM wartawan menjadi hal urgen guna menjaga keprofesionalitas. Khususnya bagi wartawan yang tergabung dalam PWI Deliserdang. “Wartawan profesionalmampu melahirkan karya jurnalistik yang baik dan bertanggung jawab,” paparnya.

Raker dan bimtek yang mengangkat tema, “Meneguhkan Sikap Independen guna Mendukung Terwujudnya Visi Misi Pembangunan Kabupaten Deliserdang” ini menghasilkan poin program kerja jangka pendek dan jangka panjang.

Di antara program kerja jangka pendek yang disepakati, yakni penyambutan HPN 2023, pembagian tugas/wewenang kepengurusan, bakti sosial, sinergitas dengan Forkopimda, BUMN/BUMD dan swasta, pembentukan Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI).

Sedangkan program jangkapanjang yang disepakati, terdiri renovasi kantor, kegiatan goes to school/goes to village, penerapan administrasi berbasis digital, pelaksanaan pra-UKW dan UKW, family gathering, dan pembentukan usaha bersama.

Fatma Ningrum Ketua IKWI Deliserdang

Di sela raker ini, juga dilaksanakan pembentukan IKWI Kabupaten Deliserdang periode 2022 – 2025 pada Sabtu (3/12/2022). Dipandu Ketua Lisbon Situmorang, musyawarah memilih dan menetapkan Fatma Ningrum SE (istri Rinto Sustono) sebagai ketua.

Sedangkan Sekretaris Anggita Sakinah Mawadah Nasution S.Sos (istri Edward Limbong) dan Bendahara Nur'aslinda (istri Rinaldi Samosir).

Kepengurusan juga dilengkapi unsur penasihat, yang terdiri Kesma Bangun (istri Semangat Sembiring), Saonah (istri HM Husni Siregar), dan Delimarty (istri Lisbon Situmorang).

Pembentukan IKWI yang menjadi organisasi dari istri para wartawan yang tergabung dalam PWI Deliserdang berlangsung dalam suasana kekeluargaan. "Hasil dari pembentukan pengurus IKWI ini akan langsung dilaporkan kepada Ketua PWI Sumut," ungkap Lisbon.

Lisbon berharap, terbentuknya IKWI ini nantinya akan berperan aktif dalam organisasi PWI dan membantu suami dalam memajukan PWI kabupaten, terutama dalam bidang ekonomi dan kesejahteraan dan bidang-bidang lainnya.

“Terpenting, kita berharap terbentuknya IKWI ini dapat mempererat hubungan kekeluargaan juga membantu tugas-tugas suami,” katanya.

(RIO/BR)

Baca Juga

Rekomendasi