Agung Satria Sitepu Calon Pengganti Akbar Himawan di DPRD Sumut

Agung Satria Sitepu Calon Pengganti Akbar Himawan di DPRD Sumut
Agung Satria Sitepu (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Ketua Umum BPP HIPMI Akbar Himawan Buchari mengajukan surat pengunduran diri sebagai Anggota DPRD Sumut.

Secara mekanisme, surat pengunduran diri Akbar tersebut akan diproses sampai Paripurna DPRD Sumut untuk persetujuan dan pengesahannya. Serta menjadwalkan pelantikan Pergantian Antar Waktu (PAW) peraih suara terbanyak kedua di bawah suara Akbar Himawan Buchari pada Pileg 2019 lalu.

Pada Pemilu 2019 lalu, seperti yang dikutip dari website resmi KPU Sumut, Akbar Himawan maju sebagai calon DPRD Sumut dari Partai Golkar. Mantan Ketua BPD HIPMI Sumut itu bertarung dari daerah pemilihan (Dapil) Sumut 2 yang mencakup 10 kecamatan di Kota Medan.

Dari Partai Golkar di Dapil ini, Akbar Himawan meraih suara terbanyak dengan total 14.159 suara. Sedangkan di urutan kedua, diisi oleh Agung Satria Sitepu dengan perolehan 7.090 suara.

Dengan demikian Agung Satria Sitepu menjadi nama calon yang akan dilantik pada Pergantian Antar Waktu (PAW) menggantikan Akbar Himawan Buchari.

Sebelumnya diketahui, Akbar Himawan, Senin (2/1) mengajukan surat pengunduran diri sebagai anggota DPRD Sumut. Surat yang diteken langsung Akbar Himawan itu ditujukan kepada Ketua DPRD Sumatera Utara Baskami Ginting.

Surat itu juga ditembuskan kepada Ketua Umum DPP Partai Golkar, Ketua DPD Golkar Sumut, Ketua Fraksi Golkar DPRD Sumut serta Sekretaris DPRD Sumut.

Isi surat menyatakan permohonan pengunduran diri Ketum BPP HIPMI Pusat itu sebagai Anggota DPRD Sumatera Utara periode 2019-2024.

"Dengan ini mengajukan diri sebagai Anggota DPRD Sumut periode 2019-2024 dikarenakan kesibukan dan tanggungjawab sebagai Ketua Umum BPP HIPMI 2022-2025 sehingga akan berdomisili di Jakarta dan tidak mampu menjalankan tugas sebagaimana mestinya," demikian petikan surat tersebut.

Diketahui Akbar Himawan Buchari mantan Ketua BPD HIPMI Sumut terpilih sebagai Ketum BPP HIPMI pada Musyawarah Nasional (Munas) XVII di Solo, Jawa Tengah 23 November 2022 lalu.

Sebagai Ketum BPP HIPMI, Akbar dan HIPMI diyakini akan fokus berperan membantu pemerintah dalam menanggulangi ancaman resesi serta percepatan ekonomi nasional.

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi