Forum PRB Sumut, Media Koordinasi dan Penguatan Kapasitas Penanggulangan Bencana

Forum PRB Sumut, Media Koordinasi dan Penguatan Kapasitas Penanggulangan Bencana
Forum PRB Sumut bersilatuhrahmi sekaligus berkoordinasi dengan Kepala BPBD Provsu di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumut (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Forum PRB Sumut bersilatuhrahmi sekaligus berkoordinasi dengan Kepala BPBD Provsu di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) Jalan Medan-Binjai, Km 10,3, Medan Krio, Sunggal Senin (16/1).

Dalam silatuhrahmi tersebut hadir Ketua Forum PRB Bahdin Nur Tanjung didampingi Koordinator Pengembangan Organisasi M Hendra Ramli yang disambut langsung oleh Kepala BPBD Provsu Tuahta Ramajaya Saragih didampingi Sekretaris BPBD Provsu Herianto beserta jajaran BPBD Provinsi Sumatera Utara Kasubdit Pengurangan Risiko Bencana Dariyus M Sinulingga dan Kasubdit Kesiapsiagaan M Ridwan.

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) telah inisiasi pembentukan Forum Pengurangan Risiko Bencana (F-PRB). Sebagaimana diketahui bahwa Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengukuhkan Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Sumut masa bakti 2022-2024 pada bulan september tahun 2022.

Menindaklanjuti Forum PRB yang telah dibentuk maka rencana kerja dan program telah disusun. Salah satunya edukasi dan sosialisasi masyarakat terkait pentingnya Kesiapsiagaan serta upaya pengurangan risiko bencana.

"Sesuai arahan Gubernur Sumatera Utara , FPRB Sumut akan menginisiasi kegiatan – kegiatan edukasi berbasis pengurangan risiko bencana," kata Bahdin Nur Tanjung Ketua FPRB Sumut.

Menurut Bahdin, Forum PRB merupakan sarana atau media keterlibatan masyarakat sipil dan unsur BPBD yang berpadu dalam sebuah koordinasi yang aktif dan baik, sehingga ke depan kerja-kerja kebencanaan, mulai dari pra, saat, dan pasca bencana dapat dilakukan secara kolaboratif untuk memberikan manfaat bagi daerah ini.

Forum PRB dibentuk dengan konsep 'pentahelix' yang terdiri dari pemerintah, masyarakat, akademisi, dunia usaha, dan media ini diharapkan aktif berkolaborasi dan bekerjasama dalam kegiatan-kegiatan yang terkait dengan mitigasi dan penanggulangan bencana. Sehingga, diharapkan dapat membantu BPBD dalam penanganan kebencanaan di wilayah Sumatera Utara.

"Dengan keterlibatan pemerintah, masyarakat, akademisi, dunia usaha, dan media, diharapkan forum ini akan dapat membantu kerja BPBD dalam penanganan bencana," terang Kepala BPBD Provsu Tuahta Ramajaya Saragih.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi