AP II Persiapkan Bandara Sisingamangaraja XII Sambut F1 Powerboat Danau Toba

AP II Persiapkan Bandara Sisingamangaraja XII Sambut F1 Powerboat Danau Toba
AP II Persiapkan Bandara Sisingamangaraja XII Sambut F1 Powerboat Danau Toba (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Tangerang - PT Angkasa Pura (AP) II siap mendukung kesuksesan penyelenggaraan Kejuaraan Dunia F1 Powerboat atau F1H2O Danau Toba, Indonesia, 25-26 Februari 2023.

President Director PT AP II, Muhammad Awaluddin mengatakan, bandara-bandara PT AP II siap mendukung kesuksesan penyelenggaraan F1 Powerboat Danau Toba.

Tiga bandara berperan penting, yakni Bandara Sisingamangaraja XII (Tapanuli Utara) yang berlokasi sekitar 30 menit dari venue F1 Powerboat, lalu bandara pendukung yakni Bandara Kualanamu (Deliserdang, Sumut), Bandara Soekarno-Hatta (Banten) dan Bandara Halim Perdanakusuma (Jakarta).

“Keberadaan Bandara Sisingamangaraja XII sejak awal adalah untuk mendukung Danau Toba sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas, dan AP II siap mewujudkannya. AP II telah melakukan pengembangan berkelanjutan di Bandara Sisingamangaraja XII. Bandara ini telah dipersiapkan untuk menyambut event internasional seperti F1 Powerboat,” ujar Muhammad Awaluddin di Tangerang, Minggu (5/2).

Muhammad Awaluddin memastikan ketersediaan slot time penerbangan di Bandara Sisingamangaraja XII untuk mendukung F1 Powerboat.

“Saat ini Bandara Sisingamangaraja XII beroperasi 8 jam setiap hari. Apabila dibutuhkan maka jam operasional siap diperpanjang untuk mengakomodir penerbangan tambahan (extra flight). AP II memastikan slot time penerbangan tersedia bagi maskapai,” jelas Muhammad Awaluddin.

Terdapat 3 maskapai yang melayani penerbangan setiap hari (daily) dari Jakarta ke Bandara Sisingamangaraja XII dan sebaliknya, yaitu Citilink, Batik Air, dan AirAsia Indonesia sebanyak 3 kali seminggu.

Ia mengungkapkan, permintaan penambahan jadwal penerbangan sudah ada. Salah satunya dari AirAsia Indonesia yang akan melayani penerbangan menjadi 7 kali seminggu.

“Kolaborasi stakeholder termasuk maskapai dan ground handling sudah kami jalankan. Standar pelayanan dipastikan tetap terjaga, baik itu terkait ketepatan waktu penerbangan (on-time performance) hingga layanan bagasi penumpang pesawat,” ungkap Muhammad Awaluddin.

Director of Engineering AP II, Agus Wialdi mengatakan, fasilitas di Bandara Sisingamangaraja XII dipastikan siap, diantaranya fasilitas sisi udara (airside) yakni parking stand untuk 8 unit pesawat serta runway berdimensi 2.650 kali 45 meter yang dapat mengakomodir pesawat sekelas Boeing 737-800 Next Generation dan Airbus A320.

Fasilitas dan Layanan

AP II sudah menyiapkan penanganan khusus bagi delegasi atau personel tim F1 Powerboat yang tiba di Bandara Sisingamangaraja XII.

Director of Commercial and Services AP II, M Rizal Pahlevi mengatakan, ada penyambutan dan personel khusus bagi para delegasi.

“Delegasi F1 Powerboat yang tiba di Bandara Sisingamangaraja XII akan disambut dengan tarian daerah dan asistensi khusus oleh liaison officer, serta disiapkan ruang transit. Setelah proses kedatangan di bandara selesai, para delegasi kemudian menuju hotel dengan transportasi khusus,” jelas Rizal Pahlevi.

Bandara Kualanamu juga siap menyambut wisatawan yang datang untuk berwisata di Medan dan sekitarnya untuk kemudian menuju venue F1 Powerboat Danau Toba.

Rizal Pahlevi mengatakan Bandara Kualanamu melayani penerbangan internasional untuk menyambut wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara yang memiliki rencana liburan panjang termasuk menghadiri F1 Powerboat Danau Toba.

“F1 Powerboat Danau Toba menjadi daya tarik bagi wisatawan, di mana mereka bisa berlibur dalam waktu panjang di Sumatera Utara termasuk untuk melihat langsung ajang F1Powerboat Danau Toba,” ujar Rizal Pahlevi.

Adapun Bandara Soekarno-Hatta (Banten) sebagai Bandara terbesar dan tersibuk di Indonesia akan menyambungkan berbagai kota dengan Bandara Sisingamangaraja XII.

(TRY/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi