Edukasi Warga, Usbat Ganjar Adakan Pelatihan Memandikan Jenazah

Edukasi Warga, Usbat Ganjar Adakan Pelatihan Memandikan Jenazah
Pelatihan memandikan jenazah (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Deliserdang - Ustadz Sahabat (Usbat) Ganjar kembali menggelar pelatihan memandikan jenazah di Kecamatan Petumbak, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara (Sumut).

Pelatihan tersebut diikuti oleh puluhan warga dan ibu-ibu Majelis Taklim An Nur di Deliserdang. Mereka diedukasi tentang tata cara memandikan jenazah. Diketahui, memandikan jenazah adalah kegiatan fardu kifayah yang perlu diketahui masyarakat.

Korda Usbat Ganjar di Deliserdang, Ahmad Thalhah menyatakan, pihaknya sengaja menggelar pelatihan memandikan jenazah di wilayah ini. Menurut dia, tidak semua warga bisa memenuhi hak orang yang sudah meninggal tersebut.

"Untuk menambah ilmu, kami berinisiatif memberikan pelatihan fardu kifayah, khususnya bagian memandikan jenazah, agar pelaksanaan ini selanjutnya bisa diaplikasikan oleh masyarakat," ucap Thalhah, Senin (6/2).

Dia berharap warga Deliserdang, khususnya di Dusun V, Kecamatan Petumbak, bisa secara mandiri memandikan jenazah. Dengan begitu, ke depan masyarakat mudah mendapatkan orang yang bisa memandikan jenazah.

"Kami berharap para warga ini mampu secara mandiri memandikan jenazah di daerah setempat sehingga hal ini membawa manfaat bagi daerah sekitar," ucapnya.

Narasumber pelatihan memandikan jenazah sekaligus Korda Usbat Ganjar di Medan, Ahmad Dairobi menjelaskan, tata cara memandikan jenazah kepada warga dan ibu-ibu Majelis Taklim An Nur di Deliserdang. Mulai menyiram tubuh jenazah hingga bersih dengan sabun sampai mewudui jenazah.

"Pertama, jenazah dibawa ke pemandian, lalu sekujur tubuh disiram dan dibersihkan dengan sabun. Kemudian, dicek kebersihannya. Setelah itu, disiram dengan air wewangin dan diwudui. Begitu sekiranya," ucapnya setelah kegiatan pelatihan pemandian jenazah di lokasi.

Usbat Ganjar rencananya terus menggelar kegiatan positif, khususnya pelatihan kepada imam-imam di masjid dalam memimpin jemaahnya.

"Intinya kami terus mengadakan kegiatan positif yang berdampak bagi warga," ungkapnya.

Selain itu, Usbat Ganjar di Deliserdang juga memberikan pengeras suara dan karpet untuk menunjang kegiatan Majelis Taklim An Nur di Kecamatan Petumbak.

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi