Lionel Messi Menangkan Penghargaan Pemain Terbaik FIFA

Lionel Messi Menangkan Penghargaan Pemain Terbaik FIFA
Lionel Messi dari Argentina menerima penghargaan sebagai Pemain Terbaik FIFA di Paris, Perancis, Senin, 27 Februari 2023. (AP/Michel Euler)

Analisadaily.com, Paris - Lionel Messi memenangkan penghargaan Pemain Pria Terbaik FIFA untuk 2022 setelah kemenangannya di Piala Dunia bersama Argentina dan Alexia Putellas dari Spanyol mempertahankan penghargaan wanita pada sebuah upacara di Paris, Senin (27/2).

Messi mengalahkan rekan setimnya di Paris Saint-Germain, dan saingannya di final Piala Dunia, Kylian Mbappe di gong putra dengan pemenang Ballon d'Or Karim Benzema pesaing lain untuk mengklaim hadiah tersebut.

Ini adalah kedua kalinya Messi memenangkan penghargaan yang diresmikan oleh FIFA pada 2016 setelah badan sepak bola dunia itu berpisah dari penyelenggara Ballon d'Or, France Football.

Penghargaan yang dipilih oleh pelatih dan kapten tim nasional, jurnalis dan juga penggemar, mengakui satu tahun di mana mantan bintang Barcelona itu memahkotai karirnya yang gemilang dengan memimpin Argentina meraih Piala Dunia.

Messi mencetak dua gol dalam final epik di Doha saat Argentina mengalahkan Perancis melalui adu penalti meskipun Mbappe mencetak hat-trick untuk Les Bleus dalam hasil imbang 3-3 yang luar biasa.

Dia juga mengklaim Bola Emas sebagai pemain terbaik di turnamen tersebut, meskipun Mbappe adalah pencetak gol terbanyak dengan delapan gol, satu lebih banyak dari Messi.

"Tahun ini sangat gila bagi saya, untuk dapat mencapai impian saya yang telah saya perjuangkan dengan sangat keras. Pada akhirnya saya mendapatkannya dan itu adalah hal terindah yang terjadi dalam karir saya," kata Messi saat menerima penghargaan dilansir dari AFP dan Channel News Asia, Selasa (28/2).

“Ini adalah mimpi bagi setiap pesepakbola, tetapi sesuatu yang hanya bisa diwujudkan oleh sedikit orang,” tambah Messi, yang duduk di teater Paris di antara Mbappe dan istrinya Antonella Roccuzzo.

Dia mengambil hadiah itu hanya 24 jam setelah bergabung dengan Mbappe untuk memimpin PSG menang 3-0 melawan Marseille di Ligue 1.

Pemain berusia 35 tahun, pemenang Ballon d'Or tujuh kali, menggantikan Robert Lewandowski dalam daftar penghargaan FIFA, sementara Putellas mempertahankan hadiah wanita meski menghabiskan paruh kedua tahun lalu karena cedera.

Pemain berusia 29 tahun itu mengalahkan striker pemenang Kejuaraan Eropa Beth Mead dari Inggris dan bintang Amerika Serikat Alex Morgan untuk menambahkan mahkota FIFA ke Ballon d'Or, yang juga dimenangkannya dua tahun berturut-turut.

Putellas saat ini sedang memulihkan diri dari cedera lutut serius yang diderita Juli lalu yang membuatnya absen di Euro di Inggris bersama Spanyol.

Sebelumnya dia telah mencetak 11 gol dalam perjalanan Barcelona ke final Liga Champions, dimana mereka kalah dari Lyon.

Putellas sebelumnya mengatakan dia berharap untuk kembali dari cedera pada waktunya untuk bermain lagi musim ini, tetapi masih harus dilihat apakah dia akan tampil untuk Spanyol di Piala Dunia di Australia dan Selandia Baru pada Juli dan Agustus.

Kemenangan Piala Dunia Argentina di Qatar juga diakui sebagai Lionel Scaloni mengklaim kehormatan pelatih pria dan Emiliano Martinez dinobatkan sebagai penjaga gawang pria terbaik.

Sementara itu, kemenangan Kejuaraan Eropa Inggris membantu manajer Belanda mereka Sarina Wiegman memenangkan hadiah untuk pelatih wanita terbaik, sementara Mary Earps dinobatkan sebagai penjaga gawang wanita terbaik tahun ini.

Pemain Polandia yang diamputasi Marcin Oleksy meraih Puskas Award untuk gol terbaik, yang dinamai dari legenda Hungaria Ferenc Puskas.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi