Melalui I-Med PELTU, Imigrasi Medan Layani Urus Paspor Jemaah Calon Haji

Melalui I-Med PELTU, Imigrasi Medan Layani Urus Paspor Jemaah Calon Haji
Melalui I-Med PELTU, Imigrasi Medan Layani Urus Paspor Jemaah Calon Haji (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan menggelar Pelayanan Paspor Sabtu Minggu (I-Med PELTU) bagi calon jamaah haji. Inovasi layanan ini merupakan komitmen Kantor Imigrasi Medan dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

Hal tersebut sejalan dengan arahan Dirjen Imigrasi untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat dalam memberikan pelayanan paspor di hari sabtu dan minggu.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan, Johanes Fanny Satria mengungkapkan, kegiatan Layanan Paspor Sabtu Minggu (I-Med PELTU) terselenggara atas kerja sama dengan Kementerian Agama Kota Medan dan Kementerian Agama Kabupaten Langkat.

Layanan I-Med PELTU ini diharapkan dapat mengakomodir kebutuhan masyarakat akan paspor khususnya bagi calon jamaah haji yang akan menunaikan ibadah ke Tanah Suci Mekah tahun ini. Johanes Fanny juga mengungkapkan antusiasme calon jemaah haji terhadap Pelayanan Paspor Sabtu Minggu (I-Med PELTU) ini sangat tinggi.

Sebanyak 128 calon jemaah haji terlayani dalam Pelayanan Paspor Sabtu Minggu (I-Med PELTU) yang diselenggarakan di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan.

Melalui I-Med PELTU, Imigrasi Medan Layani Urus Paspor Jemaah Calon Haji
"Kami sangat terbantu dalam pengurusan paspor untuk Ibadah Haji kali ini, bagi saya yang berdomisili di Langkat, dengan adanya layanan ini mempermudah saya untuk pengurusan paspor, tidak perlu mendaftar online terlebih dahulu, semoga layanan ini dapat terus terlaksana sehingga mempermudah masyarakat," ungkap Syahrial, pemohon paspor dari Langkat, Minggu (19/3).

Berdasarkan Keputusan Menteri Agama KMA Nomor 189 Tahun 2023 tentang Kuota Haji Indonesia Tahun 1444 H/2023 M. Provinsi Sumatera Utara tahun ini mendapatkan kouta haji reguler sebanyak 8.328 dari total kuota haji Indonesia 221.000 jemaah.

Dalam hal ini Imigrasi mendukung kesuksesan pelaksanaan ibadah haji tahun ini dengan mempermudah calon jemaah haji dalam pengurusan paspor. Hal ini sejalan dengan arahan Direktur Jenderal Imigrasi dalam membantu para calon jemaah haji.

Di sela-sela kegiatan, Pelaksana Harian Kepala Bidang Dokumen Perjalanan dan Izin Tinggal Keimigrasian, Madriva Rumadyo Gusmaritno menyampaikan kepada petugas agar memberikan pelayanan yang sangat baik kepada calon jemaah haji, tetap memperhatikan unsur kehati-hatian dalam pelaksanaan tugas.

“Dengan terlaksanakanya kegiatan ini diharapkan dapat membantu masyarakat yang akan melakukan ibadah haji tahun ini,” tandasnya.

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi