Gerakan Istiqomah Sedekah Ajak Puluhan Anak Yatim Berbelanja Baju Lebaran

Gerakan Istiqomah Sedekah Ajak Puluhan Anak Yatim Berbelanja Baju Lebaran
Gerakan Istiqomah Sedekah Ajak Puluhan Anak Yatim Berbelanja Baju Lebaran (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Gerakan Istiqomah Sedekah (GIS) yang merupakan satu wadah penerima dan penyalur sedekah dari teman-teman dan masyarakat luas kembali melakukan agenda terakhir di bulan suci Ramadan, yaitu mengajak puluhan anak yatim berbelanja baju Lebaran.

"Alhamdulillah, ini adalah agenda terakhir kita untuk menutup Ramadan tahun ini. Dan kita membawa adik-adik untuk berbelanja baju lebaran, seperti tahun-tahun sebelumnya yang sudah kita lakukan," kata Muhammad Exsan Al Aqraby selaku Founder GIS, Senin (17/4) kemarin.

Agenda berbelanja bersama anak yatim merupakan agenda setiap tahun yang sudah dilakukan 5 tahun belakangan ini. "Kita sudah melakukan sebanyak 5 kali, setelah sempat berhenti di satu tahun semasa covid kemarin, jadi ini agendanya adalah yang ke lima. Insya Allah kita istiqomah untuk ke depan dalam memuliakan adik-adik kita ini," ucap Exsan.

Dalam agenda berbelanja tersebut, menurut Exsan seluruh anak dibebaskan dalam memilih baju yang mereka jnginkan. "Kita membebaskan adik-adik ini memilih pakaian yang mereka sukai, agar pakaian itu menjadi kesenangan mereka ketika memakainya. Tentunya mereka akan mendapatkan dampingan dari kakak-kakak srikandi kita, agar bisa memberikan arahan kepada adik-adik semua," tambah Exsan.

Tidak hanya berbelanja pakaian saja, ada juga kegiatan berselawat bersama. Dan sebelum berbelanja, semua diberikan tasbih digital, dan sembari berbelanja diarahkan untuk sambil berselawat, bagi yang memiliki angka salawatnya banyak akan mendapatkan hadiah kejutan.

"Selain berbelanja, adik-adik semua juga mendapatkan bingkisan kecil lagi dari kami, dan juga bebas bermain di wahana permainan yang ada di pusat perbelanjaan. Semoga adik-adik semua yang dapat senang," kata Exsan lagi.

Untuk anak yatim yang ikut dalam kegiatan ini merupakan anak-anak yang berasal dari masyarakat bukan dari panti asuhan mana pun. Seorang anak bernama Ralin merasa sangat senang bisa mengikuti kegiatan tersebut.

"Sangat senang sekali, karena bisa berbelanja baju Lebaran yang disukai," katanya.

Selain Ralin, seorang anak lainnya, Wawa, merasakan hal yang sama. "Kami dapat baju Lebaran, selesai belanja kami dibawa bermain di tempat permainan," tambah Wawa.

GIS yang beralamat di Jalan Puri, Nomor 64, Kota Matsum II Medan, sudah mulai ada dari tahun 2017, memiliki kegiatan yang berfokus pada sedekah. Mulai dari sedekah nasi bungkus setiap jumat setelah Salat Jumat, sedekah subuh setiap hari sambil salat berjamaah dan sedekah air bersih untuk masjid yang belum ada air bersihnya untuk berwudhu, serta laundri gratis untuk keperluan masjid.

“Untuk kegaitan bersedekah, GIS tidak ada bekerja sama dengan panti manapun. Artinya, kita tidak memiliki ketetapan kepada satu atau dua panti saja, bisa jadi kita memberikan sedekah dengan cara mengumpulkan siapa saja yang kita anggap layak menerima. Dan untuk anak yatim, kita akan cari anak-anak ada di sekitar lingkungan ataupun anggota GIS sendiri,” tambah Herlinda Chaniago, Ketua GIS.

Dan untuk seluruh kegiatan yang dilakukan, GIS tidak atau belum memiliki donator secara tetap, hanya dari kawan-kawan ataupun masyarakat yang ingin memberikan bantuannya agar terlaksananya kegiatan yang memberikan manfaat kepada mereka yang membutuhkan.

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi