Hari Ketiga Lebaran, Pengunjung Medan Zoo Mencapai 5.000 Orang

Hari Ketiga Lebaran, Pengunjung Medan Zoo Mencapai 5.000 Orang
Sejumlah warga sedang mengantre di pintu masuk Medan Zoo di Medan, Sumut, Senin (24/4/2023). (ANTARA/Said)

Analisadaily.com, Medan - Sebanyak lima ribuan warga baik dalam maupun luar Kota Medan mengunjungi kebun binatang Medan hingga Lebaran ketiga 2023.

"Sejak Lebaran pertama hingga hari ini sekitar 5.000-an orang jumlah pengunjung Medan Zoo untuk semua usia," ujar Manajer Medan Zoo, Pernius Harefa dilansir dari Antara, Senin (24/4).

Jumlah warga mengunjungi taman marga satwa milik Pemkot Medan ini mengalami peningkatan dibandingkan setiap akhir pekan di hari libur biasa.

Namun bila dibandingkan di momen Lebaran periode yang sama pada 2022, maka angka 5.000-an ini mengalami penurunan sekitar 50 persen dari jumlah sebanyak 10.000 orang.

Penurunan itu akibat pandemi Covid-19 telah berakhir, sehingga warga bebas melakukan mudik untuk merayakan Lebaran 2023 di kampung halaman.

"Apalagi Pemkot Medan menggelar mudik gratis, begitu juga Pemprov Sumut. Ditambah lagi cuti bersama yang panjang mulai 19 hingga 25 April 2023, dan kita bisa lihat jalan-jalan di Medan sepi," katanya.

Medan Zoo terletak di Kelurahan Simalingkar B, Kecamatan Medan Tuntungan ini memiliki jumlah kandang 76 unit dengan satwa 255 ekor terdiri dari 163 ekor aves, 60 ekor mamalia dan 32 ekor reptil di lahan 10 hektare dari total 30 hektare.

"Kalau kebun binatang kita dari dahulu, ya seperti ini. Tapi masyarakat kita kemari menikmati hiburan karena sedang Lebaran," terang Pernius.

Salah seorang pengunjung, Ifdal (45), mengatakan dirinya dan keluarganya sengaja berkunjung ke Medan Zoo untuk menghabiskan waktu libur Lebaran tahun ini.

"Ada keluarga saya yang tinggal di Medan, jadi kita liburan Hari Raya Idul Fitri ke taman marga satwa ini," kata warga Banda Aceh ini.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi