Kalahkan Espanyol 4-2, Barcelona Juara Liga Spanyol

Kalahkan Espanyol 4-2, Barcelona Juara Liga Spanyol
Selebrasi Jules Kounde (tengah) setelah mencetak gol keempat Barcelona dalam pertandingan Liga Spanyol lawan Espanyol di RCDE Stadium pada 15 Mei 2023 (REUTERS/ALBERT GEA)

Analisadaily.com, Jakarta - Barcelona mengunci gelar juara La Liga Spanyol musim 2022/23 setelah mengalahkan Espanyol 4-2 di jornada ke-34 di Stadion Cornella-El Prat pada Senin (15/5) dini hari tadi.

Robert Lewandowski mengemas dua gol dalam pertandingan ini, dengan dua gol lainnya dicetak oleh Alejandro Balde dan Jules Kounde. Espanyol baru bisa mencetak dua gol akhir pertandingan berkat Javi Puado dan Joselu.

Tambahan tiga angka membuat Barcelona mengoleksi 85 poin dari 34 laga, unggul 14 poin di puncak klasemen dari Real Madrid. Poin Barcelona tidak bisa dikejar oleh Real Madrid dengan empat pertandingan tersisa.

Sementara itu, Espanyol tetap berada di zona degradasi atau peringkat 19 dengan torehan 31 poin dari 34 pertandingan, demikian catatan laman resmi La Liga.

Barcelona, yang membutuhkan kemenangan untuk mengunci gelar juara, langsung tampil menyerang dan mendapat gol pada menit ke-11.

Alejandro Balde menusuk ke kotak penalti dari sayak kiri sebelum melepaskan umpan tarik ke depan gawang yang berhasil disambar oleh Lewandowski menjadi gol. Skor 1-0 untuk tim tamu.

Gol itu membuat Barcelona semakin bersemangat untuk menambah keunggulan mereka.

Barca sukses mencetak gol kedua mereka pada menit ke-20. Kali ini giliran Balde yang mencatatkan namanya di papan skor lewat tendangan kaki kirinya dari sudut sempit setelah memanfaatkan umpan Pedri. Kedudukan menjadi 2-0.

Espanyol bukannya tanpa perlawanan, mereka dapat mengancam Barcelona pada menit ke-30. Nicolas Melamed bisa menanduk bola hasil umpan Sergi Darder, tetapi arah bola masih melenceng ke samping gawang Barcelona.

Barcelona justru bisa mencetak gol ketiganya pada menit ke-40. Tusukan Raphinha di sisi kiri ditutaskan dengan umpan tarik ke kotak penalti yang tinggal diceploskan Lewandowski di depan gawang.

Gol tersebut sekaligus menjadi yang ke-21 bagi Lewandowski di Liga Spanyol musim ini. Skor 3-0 menutup jalannya babak pertama.

Barcelona memulai babak kedua dengan baik setelah mencetak gol keempat mereka pada menit ke-53. Jules Kounde menjebol gawang Espanyol lewat sundulannay setelah memanfaatkan umpan silang Frenkie de Jong. Kedudukan menjadi 4-0.

Keunggulan empat gol membuat tempo permainan Barcelona menurun. Espanyol justru bisa balik menekan tim tamu di sisa waktu pertandingan.

Gol akhirnya didapat tuan rumah pada menit ke-73. Javier Puado, yang baru masuk di babak kedua, menjebol gawang Barcelona usai meneruskan umpan Fernando Calero.

Wasit sempat mengecek gol itu lewat VAR karena sang pemain dianggap berada dalam posisi offside, tetapi gol tetap disahkan. Skor menjadi 1-4.

Tuan rumah bisa mencetak gol kedua mereka pada masa injury time. Sebuah umpan silang Adria Pedrosa disundul Fernando Valero Villa di kotak penalti.

Bola mengenai tiang gawang sebelum disambar Joselu yang membuat Marc Andre Ter-Stegen tidak berkutik. Gol itu sekaligus menutup pertandingan, Barcelona menang atas Espanyol dan mengunci titel juaranya.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi