Dosen USU Pelatihan "Service Quality" Perawat di RSU Deli Medan

Dosen USU Pelatihan
Dosen USU Pelatihan "Service Quality" Perawat di RSU Deli Medan. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Mengoptimalkan mutu layanan dengan sasaran kepuasan pasien, dosen-dosen di Uni-versitas Sumatera Utara (USU) melakukanpelatihan “service quality” kepada perawat di Rumah Sakit Umum (RSU) Deli Medan.

Ketua Pengabdian Kepada Masyarakat Setiawan, S.Kp.,MNS.,Ph.D, menyampaikan, target luaran setelah selesainya kegiatan pengabdian ini yaitu perawat dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka tentang penerapan “service quality” dalam praktik keperawatan untuk meningkatkan mutu pelayanan di RSU Deli Medan.

Setiawan, PhD menjelaskan, pelayanan rumah sakit saat ini semakin berkembang seiring dengan kemajuan teknologi dan tingginya harapan masyarakat akan pelayanan yang berkualitas. Kemajuan teknologi dihadapi dengankesiapan fasilitas medis terbaru sementara harapan masyarakat dihadapi dengan perbaikan dan peningkatan cara melayani pasien dan keluarga.

Fenomena tersebut perlu dicermati dan diantisipasi oleh perawat yang bekerja di rumah sakit. “Perawat memiliki peran penting dalam memberikan jaminan pelayanan rumah sakit yang berkualitas. Dalam industri pelayanan kesehatan, faktor penting yang berperan dalam menentukan kualitas pelayanan adalah kualitas pelayanan keperawatan.

Karena itu, upaya peningkatan pengetahuan dan keterampilan perawat dalam melayani pasien di rumah sakit perlu dilakukan secara berkala dan konsisten yang disesuaikan dengan kondisi teknologi dan harapan masyarakat terkini.

Konsep "service quality" Optimalkan Mutu Layanan dengan Kepuasan Pasien Dosen USU Pelatihan “Service Quality”.

Direktur Rumah Sakit Umum Deli Medan dr. Lie King Fuan, M.Kes, mengatakan, Rumah Sakit Umum Deli merupakan salah satu rumah sakit swasta di Medan. Rumah sakit ini merupakan rumah sakit tipe C. Visi Rumah Sakit Deli adalah menjadikan Rumah Sakit Umum Deli sebagai rumah sakit pilihan dan kebanggaan masyarakat Sumatera Utara, khususnya Kota Medan. Motto RSU Deli adalah DELI OKE (Disiplin, Elegan, Luwes, Inovatif,Objektif, 5 Keramahan, dan Ekonomis).

“Salah satu misi RSU Deli adalah untuk meningkatkan mutu pelayanan dengan sasaran kepuasan pasien. Misi ini tetap terus menjadi perhatian RSU Deli meskipun RSU Deli telah menggapai akreditasi paripurna dari KARS pada tahun 2023 ini. Berbagai upaya terus dilakukan untuk meningkatkan mutu pelayanan RSU Deli termasuk dia ntaranya adalah peningkatan pengetahuan dan keterampilan semua sumber daya manusia di RSU Deli,” tegasnya.

Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pelayanan di RSU Deli Medan adalah dengan memberikan pelatihan pada perawat tentang konsep “service quality” sehingga meningkatkan pelayanan keperawatan di RSU Deli Medan.

Kegiatan ini dihadiri seluruh tim pengabdian kepada masyarakat yang terdiri dari Dewi Elizadiani Suza, S. Kp., MNS., Ph.D, Nur Asiah, S. Kep., Ns., M. Biomed, Nurbaiti,S. Kep., Ns., M. Biomed., Dina Rasmita, S.Kep., Ns., M. Kep dan Dwi Karina Ariadni, S.Kep., Ns., M. Kep dan seluruh perawat yang bertugas di rumah sakit tersebut.

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi