Qatar Airways Buka Penerbangan Langsung Bandara Kualanamu-Doha

Qatar Airways Buka Penerbangan Langsung Bandara Kualanamu-Doha
Pihak Qatar Airways gunting pita pada acara peresmian penerbangan perdana di Bandara Kualanamu (Analisadaily/Kali A Harahap)

Analisadaily.com, Kualanamu - Maskapai penerbangan internasional, Qatar Airways, membuka layanan penerbangan komersil langsung Bandara Kualanamu-Doha Internasional Airport (DIA) Qatar.

Peresmian pembukaan rute dilakukan langsung pihak Qatar Airways didampingi Kedutaan Qatar dan pihak Kedutaan Indonesia untuk Qatar di ruang tunggu keberangkatan penumpang Internasional, terminal Bandara Kualanamu, Deliserdang, Senin (15/1).

Hadir dalam acara, Direktur Utama PT Angkasa Pura Aviasi (AVI) Bandara Kualanamu, Achmad Rifai, Kepala Otoritas Bandara Wilayah II Medan Sokhib Al Rokhman, Sekda Provsu, Arif Trinugroho, Direktur Operasi PT AVI, Heriyanto Wibowo, Kepala Bea Cukai Kualanamu, Moh Zamroni, perwakilan Kementrian Pariwisata, serta undangan penting lainnya.

Direktur Utama PT Angkasa Pura Aviasi, Achmad Rifai mengatakan, pembukaan rute baru maskapai Qatar Airways ini adalah yang pertama untuk membuka koneksi Kualanamu-Doha Airport Qatar.

Adapun frekuensi penerbangan 3 kali seminggu menggunakan pesawat berbadan lebar jenis Boeing 787 dengan kapasitas penumpang 254 orang.

"Ini layanan penerbangan perdana dan tugas kita bersama untuk bagaimana membuat layanan penerbangan Kualanamu-Doha dapat menjadi berlangsung dengan ada penumpang agar tingkat keberlanjutan tetap ada. Caranya yaitu dengan mendorong penumpang melalui berbagai lini potensial, diantaranya pertukaran kebudayaan, pertukaran pelajar, hasil komoditi UMKM, baik dari Provinsi Sumatera Utara dan Aceh," ucap Achmad Rifai.

Lebih kanjut dikatakan, pembukaan rute Internasional maskapai Qatar Airways salah satu bagian upaya mempromosikan wisata Indonesia ke mancanegara untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya Sumatera Utara dan Aceh.

Kepala Otban Wilayah II Medan, Sokhib Al Rokhman, berharap tingkat keberlanjutan penerbangan Qatar Airways ini tetap bisa berjalan.

“Pertama, tentu kita anggap ini sebagai fungsi jembatan udara penghubung antara Indonesia dengan Qatar. Lalu bagaimana kita mempertahankan, tentu dengan cara pertukaran kebudayaan kita tingkatkan ini bisa dimanfaatkan oleh Pemprovsu dan sekitarnya. Kedua fungsi ekonomi bukan hanya pariwisata, tetapi komoditi kita di seluruh Sumatera Utara dan Aceh kita bisa tingkatkan,” sebutnya.

“Selanjutnya, juga kita libatkan akademisi, bawa universitas yang ada di Sumut dan di Qatar, kita bisa tingkatkan, sehingga terjadi pertukaran pelajar, sehingga di kedua belah pihak pulang dengan penerbangan ini,” sambungnya.

Dikatakannya lagi, dengan mendaratnya pesawat berbadan besar ini menguji seluruh stakeholder yang ada di Bandara Kualanamu, bahwa bandara kebanggan masyarakat Sumut mampu melayani di segala lini dengan baik. Sehingga ke depan bisa berkolaborasi dengan bandara besar di Qatar, serta bandara lain di luar negeri.

“Maka kita berharap kerja sama antara seluruh masyarakat Sumatera Utara dan Aceh bisa ditingkatkan, sehingga penerbangan ini bisa kita pertahankan,” pungkasnya.

(KAH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi