Cerdaskan Anak Bangsa di Desa Pesisir, Sharesmile Salurkan Ilmu Pendidikan

Cerdaskan Anak Bangsa di Desa Pesisir, Sharesmile Salurkan Ilmu Pendidikan
Cerdaskan Anak Bangsa di Desa Pesisir, Sharesmile Salurkan Ilmu Pendidikan (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Deliserdang - Komunitas Berbagi Senyuman yang akrab dikenal dengan Sharesmile membagikan ilmu pendidikan di desa pesisir pantai yang berada di Kampung Nelayan, Hamparan Perak, Deliserdang, Minggu (28/1).

Dengan mengusung tema bentuk senyuman di pesisir, tujuan diadakannya kegiatan belajar mengajar ini, karena Sharesmile merupakan komunitas yang bergerak dalam ilmu pendidikan untuk mewujudkan pembangunan berkelanjuran atau Subtainable Development Goals (SDGs) sebagai kunci masa depan Indonesia.

"Tujuan ini diberlakukan untuk meretas permasalahan yang dialami oleh anak-anak pesisir di Kampung Nelayan Hamparan Perak, dan sesuai juga dengan target 4.6 pada tujuan pembangunan berkelanjutan atau SDGs nomor 4 kualitas pendidikan, yaitu menjamin semua remaja dan proporsi kelompok dewasa tertentu, baik laki-laki maupun perempuan, memiliki kemampuan literasi dan numerasi," kata Ferdi, selaku Ketua Umum Sharesmile, Senin (29/1).

Sharesmile memberikan pengajaran berupa media baca, tulis, dan berhitung, serta praktek sains yang menampilkan penyebab terjadinya banjir dengan menggunakan botol bekas air mineral.

"Pengajaran ini sesuai dengan analisis yang dilakukan Sharesmile bahwa masih banyak anak-anak yang tidak bisa membaca dan menulis serta berhitung di sana, kemudian juga kami lihat masih banyak yang membuang sampah di laut, maka itu kami membuat praktek penyebab adanya banjir karena membuang sampah sembarangan," jelas tim Sharesmile.

Kegiatan yang berlangsung di ruang Posyandu hingga sore itu disambut meriah oleh puluhan anak-anak pesisir, mulai dari SD hingga SMP yang bersemangat untuk belajar.

Kepala Lingkungan (Kepling) XII Kampung Nelayan, Awi, turut merasa senang dengan kehadiran anak muda bangsa yang masih melek terhadap pendidikan anak di pesisir.

"Saya ucapkan terima kasih kepada adik-adik yang ingin membagikan ilmunya di sini, sebab tidak semua orang tua mampu untuk memberikan pendidikan tambahan untuk anak-anaknya, semoga dengan hadirnya kalian dapat bermanfaat bagi anak-anak desa," ucapnya saat memberikan kata sambutan.

Di akhir pembelajaran, anak-anak pesisir pantai itu, kemudian menyatakan rasa senangnya kepada Sharesmile melalui kesan dan pesan yang di sampaikan langsung di depan kelas, sekaligus melatih keberaniannya untuk berbicara di depan umum.

"Terima kasih sudah mau datang dan mengajari kami membaca, berhitung di sini, kami sangat senang, bahagia, kegiatannya meriah," ujar anak-anak tersebut.

Selain itu, Awi selaku Kepling berharap agar kegiatan ini terus berlanjut. "Saya berharap kegiatan ini terus dilakukan, jangan hanya sekali saja, karena banyak orang yang datang ke sini hanya sekali saja habis itu tidak ada kabar lagi," harapnya.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi