Hitung Cepat, Sabam Sibarani Raih Suara Tertinggi Kursi DPRD Dairi

Hitung Cepat, Sabam Sibarani Raih Suara Tertinggi Kursi DPRD Dairi
Halim Lumban Batu bersama istri, Ratna Sihombing (Analisadaily/Sarifuddin Siregar)

Analisadaily.com, Sidikalang - Ketua DPRD Dairi, Sabam Sibarani, diprediksi akan menjadi peraih suara tertingggi perolehan suara calon DPRD Dairi.

Dihubungi melalui telepon, Kamis (15/2), Sabam mengklaim, berdasarkan perhitungan internal, politisi Golkar ini meraih 5.703 suara.

"Data sementara, Sabam mencatat 5703 suara. Saya tertinggi di dapil Kecamatan Berampu, Lae Parira, Silima Pungga-Pungga, Siempat Nempu dan Siempat Nempu Hilir," kata Sabam.

Dijelaskan, rival internal Romi Mariani Simarmata notabene istri Bupati Eddy Keleng Ate Berutu, Lisbeth Tobing dan Nurlinda Angkat masih di bawahnya.

Sabam memprediksi, Golkar bisa meraih 4 kursi. Untuk Dapil Kecamatan Sidikalang, Sitinjo dan Parbuluan, caleg dari Partai Demokrat, Halim Lumban Batu menorehkan angka 3645 suara.

"Dari 70 persen suara masuk, Halim berada di peringkat pertama, internal," kata Halim yang juga Ketua DPD Ikatan Pemuda Karya (IPK).

Halim menyebut, temannya Bona Sitindaon mengantongi 2.051 suara disusul Tumpak Raja Sitohang di angka 1.735 suara.

"Partai Demokrat dapil 1 menorehkan 7.754 suara. 2 kursi DPRD diyakini, dapat," kata Halim.

Sementara itu, caleg Gerindra, Joel Owek Simanullang menjelaskan, untuk dapil 1, parpol besutan Prabowo ini diprediksi meraih 2 kursi.

Joel menyebut, berada di urutan pertama internal Gerindra. Dia meraih 2.465 suara dususul Abdul Gafur Simatupang 2.348 suara, Adries Tumanggor 1.198 suara, Iskandar Malau 1197 suara dan Markus Sinaga 787 suara. Total suara masuk 8.256 suara.

"Sementara, Gerindra dapat 2 kursi dengan suara masuk sekitar 60 persen," kata Joel.

Anggota DPRD Fraksi Demokrat, Rukiatno Nainggolan mengatakan, untuk wilayah Kecamatan Sumbul, Pegagan Hilir dan Silahisabungan, parpol besutan AHY ini diprediksi meraih 2 kursi.

Lingkup internal, kata Rukiatno, suara tertinggi diperoleh Wanseptember Situmorang yang juga Wakil Ketua DPRD. Wanseptember menggondol 3600 suara disusul Rukiatno di angka 3100 suara.

Rukiatno mengungkapkan, berdasarkan data sementara, PDI Perjuangan diperkirakan meraih 3 kursi dewan. Raihan suara berada di bilangan 11.500 suara. Angka tertinggi ditorehkan Very Sidebang. Selanjutnya, total suara Golkar di angka 8000.

Untuk dapil Kecamatan Tigalingga, Gunung Sitember dan Tanah Pinem, caleg dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Andi Pasaribu dikabarkan memperoleh suara signifikan. Data sementara sudah di angka 3.200 suara.

(SSR/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi