Persiapan Akreditasi Internasional, Prodi Sastra Indonesia USU Gelar Pelatihan Modul di Berastagi

Persiapan Akreditasi Internasional, Prodi Sastra Indonesia USU Gelar Pelatihan Modul di Berastagi
Dosen-dosen Prodi Sastra Indonesia FIB USU bersama pemateri diabadikan bersama saat pelatihan modul di Berastagi. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Berastagi - Mempersiapkan akreditasi internasional, Program Studi (Prodi) Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sumatera Utara (USU) menggelar pelatihan modul mata kuliah kepada para dosen di Prodi Sastra Indonesia. Kegiatan yang digelar selama tiga hari, Rabu-Jumat (21-23/2/2024) di Wisma USU, Berastagi tersebut menghadirkan pemateri Sekretaris LINK-UP USU Ely Hayati Nasution, S.S., M.Si.

Ketua Program Studi Sastra Indonesia FIB USU, Dr. Dwi Widayati, M.Hum., saat membuka acara mengatakan, kegiatan pelatihan modul ini sejalan dengan persiapan akreditasi internasional yang disesuaikan dengan Akreditasi FIBAA. Karenanya tema yang diangkat dalam pelatihan adalah “Penulisan Modul Mata Kuliah Berbasis OBE: Program Studi Sastra Indonesia FIB USU untuk Akreditasi FIBAA”.

“Kegiatan pelatihan diharapkan mampu membantu para dosen untuk menyusun modul dari mata kuliahnya. Selain menyusun modul, para dosen juga berdiskusi terkait penyusunan RPS OBE yang akan menunjang pembuatan modul,” ujar Dr. Dwi Widayati yang pada kesempatan tersebut turut didampingi Sekretaris Prodi Sastra Indonesia FIB USU, Dra. Nurhayati Harahap, M.Hum.

Sekretaris LINK-UP USU Ely Hayati Nasution, S.S., M.Si., dalam pemaparan materinya, antara lain menyampaikan terkait dengan tata cara penulisan modul dan mengubah RPS OBE yang tepat sehingga sejalan dengan penyusunan modul.

“Untuk outline dan isi dari modul, para dosen bisa menggunakan bantuan aplikasi gratis seperti Canva. Tujuannya adalah untuk memudahkan penyusunan desain modul serta proses asesmen yang diinginkan,” katanya.

Pembuatan modul yang baik, imbuhnya, akan membantu para dosen dalam memberikan mata kuliah. Modul yang lengkap juga akan memudahkan mahasiswa dalam menyerap materi yang diajarkan.

Dosen-dosen Prodi Sastra Indonesia terlihat begitu antusias mengikuti pelatihan penyusunan modul tersebut, beberapa mata kuliah juga telah disusun RPS OBE-nya dan kemudian dilanjut dengan penyusunan modul serta praktik pembuatan desain melalui aplikasi Canva dan lain sebagainya.

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi