Kelelahan, Seorang Petugas Haji Aceh Meninggal Dunia di Mina

Kelelahan, Seorang Petugas Haji Aceh Meninggal Dunia di Mina
Kelelahan, Seorang Petugas Haji Aceh Meninggal Dunia di Mina (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Banda Aceh - Seorang petugas haji asal Aceh, Manshur bin Ahmad (50), dilaporkan meninggal dunia di Mina, Arab Saudi, pada Senin, 17 Juni 2024, pukul 02.30 WIB.

Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Aceh, Azhari menjelaskan, almarhum dilaporkan mengalami kelelahan.

Menurutnya, almarhum merupakan pembimbing ibadah (bimbad) atau Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) Kelompok Terbang (Kloter) 7 Embarkasi Aceh (BTJ-07), manifes 02, meninggal dunia di RS Mina.

Almarhum merupakan Penghulu di KUA Kecamatan Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, yang juga tercatat sebagai Sekjen MPO Ikatan Siswa Kader Dakwah (Iskada) Aceh.

Almarhum juga Pengurus BKM Masjid Besar Syuhada Lamgugob, Pengurus IPHI Aceh, Pengurus BKPRMI Aceh, dan Pengurus Mushalla Dusun Tunggai Lamgugob.

"Insya Allah beliau husnul khatimah, mabrur amalnya. Kita doakan keluarga yang ditinggalkan sabar dan tabah menerima cobaan," ujar Azhari.

Ketua Kloter atau Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) Kloter 07, Abd Syukur menyampaikan, saat di rumah sakit, almarhum sempat meminta dirinya lewat HP untuk membimbing jemaah.

"Diminta saya badalkan lontar jamarat atas nama beliau dan ada satu lagi nama jemaah yang beliau sebutkan," ungkap Abd Syukur.

Dalam laporan kloter 7, ketua kloter juga menyebutkan, setelah mengurusi administrasi almarhum Manshur Yusuf di RS Mina, kemudian pihaknya mengantar jenazah, ditemani PHD Damanhur, ke Masjidil Haram, untuk fardhu kifayah dan salat jenazah di Masjidil Haram.

"Kemudian kami menyusul ke pemakaman almarhum ke maqbarah di Makkah. Kemudian kami kembali lagi ke Mina untuk bertugas kembali sebagaimana mestinya," pungkas Abd Syukur.

Jemaah BTJ-07 asal Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe ini, tiba mendarat di Jeddah, Rabu, 5 Juni 2024, pukul 04.10 WIB atau pukul 00.10 WAS.

Sebelumnya, kloter 7 yang masuk asrama Senin pukul 21.00 WIB, keluar dari asrama keesokannya, Selasa, pukul 17.10 WIB. Dan Boeing 777-300ER GA-2107 take off pukul 19.12 WIB.

Kabag TU Kanwil Kemenag Aceh Ahmad Yani yang juga Kabid Penerimaan dan Pemberangkatan PPIH Embarkasi Aceh dan jajaran, antar jemaah hingga dalam pesawat.

Saat pelepasan Selasa, 4 Juni 2024, Ahmad Yani ikut menyerahkan perlengkapan kloter pada almarhum Manshur, di aula Jeddah Asrama Haji Banda Aceh.

(MHD/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi