Aceh Sudah Terima Rp 44,2 Triliun Dana Desa, Terbesar ke-4 se-Indonesia

Aceh Sudah Terima Rp 44,2 Triliun Dana Desa, Terbesar ke-4 se-Indonesia
Pj Gubernur Aceh, Bustami Hamzah (Analisadaily/Muhammad Saman)

Analisadaily.com, Banda Aceh - Pj Gubernur Aceh, Bustami Hamzah menyampaikan, pihaknya bersyukur Provinsi Aceh menerima alokasi Dana Desa terbesar keempat di Indonesia setelah Jawa Tengah, karena jumlah gampong di Aceh hampir mencapai 6.500.

Dari 2015 hingga 2024, sebanyak 6.497 pemerintahan gampong di Aceh telah menerima total Rp 44,2 triliun Dana Desa.

"Di tengah kemampuan fiskal Aceh yang cenderung menurun akibat berkurangnya Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA), Dana Desa menjadi anugerah yang sangat kami syukuri dan harus dikelola serta didayagunakan dengan sebaik-baiknya. Karena itu, kita harus menyadari tugas para aparatur gampong, khususnya keuchik atau kepala desa, sangatlah berat," kata Pj Gubernur Aceh Bustami Hamzah saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Penguatan Pemerintah Gampong Seluruh Aceh di Gedung Serbaguna Setda Aceh, Jumat (5/7).

Rakor itu dihadiri Dirjen Bina Pemerintah Desa Kementerian Dalam Negeri Dr La Ode Ahmad P. Bolombo, Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Aceh, para kepala SKPA terkait serta peserta rakor dari kabupaten/kota.

Lebih lanjut, kata Pj Gubernur, sebagai pemimpin yang bertanggung jawab atas penyelenggaraan pemerintah gampong, para keuchik juga dituntut merencanakan, mendayagunakan, dan mempertanggungjawabkan penggunaan Dana Desa, guna menghasilkan berbagai capaian sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Karena itu, sudah sepantasnya mereka mendapat perhatian khusus berupa penguatan dan pembinaan dalam penyelenggaraan pemerintahan gampong oleh pembina gampong di Kecamatan, Bupati/Wali Kota, Gubernur dan Kemendagri," sebut Pj Gubernur.

Pj Gubernur Aceh melanjutkan, pemerintah bertanggung jawab menyediakan regulasi yang jelas serta kepastian hukum untuk menjamin kenyamanan mereka bekerja melayani masyarakat.

"Untuk itu, kepada para Bupati dan Walikota, saya mengharapkan agar meningkatkan perhatian dalam pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan gampong. Kunjungi, dampingi, dan berikan motivasi kepada para aparatur gampong . Pada kesempatan ini, saya juga mengingatkan kita semua bahwa ada dua agenda besar nasional yang harus kita sukseskan bersama, yaitu PON Aceh-Sumut XXI dan Pilkada Serentak 2024," kata Pj Gubernur.

Pj Gubernur menyebutkan, peran Bupati/Wali Kota, Camat, Keuchik dan seluruh masyarakat sangatlah strategis untuk kesuksesan agenda ini, demi Aceh yang lebih baik dan bermartabat.

(MHD/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi