Peduli ODGJ, Aksi Nyata Polres Sergai dan Dinsos

Peduli ODGJ, Aksi Nyata Polres Sergai dan Dinsos
Peduli ODGJ, Aksi Nyata Polres Sergai dan Dinsos (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Sergai - Polsek Firdaus Polres Serdang Bedagai (Sergai) bergerak cepat bersama Dinas Sosial dan Koramil-12/SR Sei Rampah menindaklanjuti maraknya kehadiran Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Sei Rampah, Sabtu (24/8).

Kapolsek Firdaus, AKP Andi Sujendral melalui Kanit Intel Ipda Sahban Hasibuan membenarkan kehadiran Polri, TNI dan Dinsos Pemkab Sergai bersinergi meninjau langsung keberadaan ODGJ agar mendapatkan penanganan optimal.

"Implementasi kepedulian kita. Perlu adanya kesadaran bersama antar lembaga lintas sektoral serta masyarakat guna kepedulian penanganan yang optimal bagi pasien ODGJ," ujarnya.

Kepala Dinas Sosial Sergai, Arianto menyatakan, menindaklanjuti laporan maraknya kehadiran ODGJ di Sergai ini perlu menjadi kesadaran bersama melalui peran dari seluruh lapisan elemen, baik pemerintah, masyarakat, hingga pihak swasta dalam membantu rehabilitasi atau proses penyembuhan.

"Kami segera turun ke lokasi bersama lpda Brimen, Danramil, Polsek Firdaus dan Sat Pol PP. Seorang pria dewasa ODGJ kita temukan di Jalinsum, kemudian kita bersihkan tubuhnya dipakai pakaian yang layak dan kita bawa ke Rumah Sakit Sultan Sulaiman untuk penanganan medis," ujar Arianto.

Direktur Rumah Sakit Sultan Sulaiman dr. Aldi Saragih melalui dr. Lidya Vera membenarkan telah menerima seorang pasien ODGJ dan telah dilakukan pelayanan medis.

"Pasien ODGJ telah mendapatkan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan dari dokter kita," ujarnya.

Tim dari Pemkab Sergai yaitu Dinas Sosial, Satpol PP, RSU Sultan Sulaiman serta Danramil Sei Rampah dan Polsek Firdaus. Kolaborasi kepedulian ini diharapkan dapat memastikan penanganan kasus yang komprehensif dan efektif.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi