Vokasi USU-UITM Kolaborasi Membuat Herbal Vit

Vokasi USU-UITM Kolaborasi Membuat Herbal Vit
Tim Pengabdian Masyarakat Internasional USU-UiTM foto bersama masyarakat Desa Sarang Burung, Deliserdang usai kegiatan. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Deliserdang - Fakultas Vokasi USU berkolaborasi dengan UiTM Pulau Pinang melakukan pengabdian masyarakat yang bermitra di Desa Denai Sarang Burung, Kabupaten Deli Serdang.

Dalam kegiatan tersebut, Fakultas Vokasi USU dengan Ketua tim pelaksana pengabdian yaitu Dr. Yasmin Chairunisa Muchtar, SP., M.BA dan anggota Jane Melita Keliat, S.Si., M.Si. Selain itu anggota tim Dr. Muhammad Anggia Muchtar, ST., MMIT dari Fasilkom TI USU dan Inggrita Gusti Sari Nasution, SE., M.Si dari FEB USU. Tim dari UiTM Pulau Pinang yakni, Associate Prof. Dr. Azila Azmi dan Dr. Rafidhah

Pengabdian Masyarakat Internasional tersebut dilaksanakan pada Kamis, 8 Agustus 2024 dan berlanjut pada Selasa, 03 September 2024 di Desa Denai sarang Burung. Kegiatan ini meliputi transfer ilmu pengetahuan tentang manfaat herbal dan demo pembuatan produk “Herbal Vit” kepada ibu-ibu di Desa Denai sarang Burung. Tim dari UiTM Pulau Pinang mentransfer pengetahuan tentang “Food Safety Culture”.

Produk Herbal Vit merupakan produk olahan dari jahe, kunyit dan lemon dengan tambahan madu dan gelatin sapi yang dibuat menjadi permen gummy. Untuk menambah cita rasa manis, Herbal Vit menggunakan madu dan diabetasol, sehingga produk ini aman untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes.

“Awalnya harapan kami, masyarakat dapat membangun pola hidup sehat melalui konsumsi herbal. Kemudian nantinya, produk ini dapat menambah pendapatan masyarakat.” Jelas Dr. Yasmin Chairunisa Muchtar, SP., M.BA. Pengabdian Masyarakat ini merupakan Pengadbian Masyarakat Internasional dengan sumber pendanaan oleh Universitas Sumatera Utara pada tahun 2024.

(MC)

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi