GATF Berlangsung di 6 Kota, Pariwisata Berpotensi Tingkatkan Perekonomian

GATF Berlangsung di 6 Kota, Pariwisata Berpotensi Tingkatkan Perekonomian
GATF Berlangsung di 6 Kota, Pariwisata Berpotensi Tingkatkan Perekonomian (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Pariwisata sebagai salah satu pilar utama baik tingkat lokal maupun nasional untuk meningkatkan perekonomian. Sumatera Utara (Sumut) punya Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL), Bukit Lawang atau Bahorok dan destinasi lainnya yang sudah sangat terkenal dan siap untuk dikembangkan.

Hal itu dikatakan Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekda Provsu), Arief Sudarto Trinugroho pada pembukaan travel fair tahunan bertajuk Garuda Indonesia Travel Festival (GATF) 2024 bekerja sama dengan Bank Mandiri serta travel perjalanan mitra Garuda Indonesia di Sun Plaza, Jumat-Minggu (25-27/10).

Menurut Arief, dengan banyaknya potensi wisata di Sumut, tentu menjadi peluang meningkatkan perekonomian. Karena itu, sebutnya, ke depan diharap Sumut tetap jadi destinasi wisata pilihan. Apalagi provinsi ini sangat dekat dengan Malaysia dan Singapura.

Arief memastikan, pihaknya menyambut baik acara ini karena dampaknya sangat mendukung perkembangan industri pariwisata Sumut. Apalagi pemerintah daerah sedang giat mengembangkan potensi wisata.

Direktur Utama (Dirut) Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, GATF 2024 berlangsung di enam kota yakni Medan, Palembang, Surabaya, Denpasar, Makassar dan Jayapura sebagai awal yang secara bertahap akan berlangsung sampai awal Desember 2024.

Ajang tahunan ini digelar di tiga kota mancanegara yakni Seoul, Singapura dan Shanghai pada 13 November 2024. Sedangkan puncak rangkaian GATF 2024 diselenggarakan di Jakarta, 29 November hingga 1 Desember 2024.

Hadirnya GATF di jelang akhir 2024 di berbagai kota domestik maupun internasional, terangnya, jadi salah satu wujud Garuda Indonesia mendukung masyarakat merencanakan perjalanannya khususnya jelang periode peak season libur Natal dan Tahun Baru mendatang.

Erin Young, SVP Credit Cards Bank Mandiri menambahkan, GATF tahun ini ditargetkan tumbuh dua kali lipat dibanding 2023. Untuk mencapai itu, pihaknya memberikan berbagai tambahan benefit bagi nasabah pengguna Mandiri Kartu Kredit yang ingin melakukan pembelian tiket/tour di even ini.

Fitria Ruswita, West Domestic Group Head Garuda Indonesia menambahkan, Garuda Indonesia menambah penerbangan ke Medan yang selama ini hanya melalui Bandara Cengkareng. Mulai 1 November akan ada penerbangan langsung dari Halim Perdanakesuma.

Penerbangan Jakarta-Medan via Halim tiap hari berangkat pukul 09.45 dan dari Halim ke Medan pukul 18.00 WIB. Selain untuk menopang perkembangan pariwisata di Medan dan Sumut khususnya, Garuda Indonesia terus memaksimalkan potensinya menyangkut destinasi maupun menu dengan cita rasa Medan kepada para penumpang.

“Hal itu dilakukan agar para penumpang sebelum mendarat di Medan sudah merasakan nuansa kuliner Medan dikenal cita rasanya yang khas. "Jadi kita tidak hanya menerbangkan orang-orangnya saja, tapi juga menunjang pertumbuhan ekonomi,” tegasnya.

(HEN/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi