Terima Audensi MKDS dan DKDS

Potensi Seni Budaya untuk Kesejahteraan

potensi-seni-budaya-untuk-kesejahteraan

Lubuk Pakam, (Analisa). Wakil Bupati Deliserdang, HMA Yusuf Siregar mengatakan, potensi seni budaya dan pekerja seni di daerah itu cukup besar. Bahkan para pelaku seni­nya kerap menjadi utusan Sumut untuk kegiatan besar di tingkat nasional maupun internasional.

“Kami sangat berterima kasih atas kedatangan Bapak-bapak dan Ibu-ibu. Apalagi kita semua memang punya ke­pedualian sama untuk memajukan seni budaya di daerah kita,” ungkap Wa­bup Yusuf Siregar saat menerima Pe­ngurus Majelis Kesenian Deliser­dang (MKDS) dan pengurus Dewan Kesenian Deliser­dang (DKDS) di Lantai II Kantor Bupati Deli Serdang, Kamis (22/8).

Wabup yang didampingi Asisten III H Jentralim Purba, Kaban Kesbangpol Togar Panjaitan, dan lainnya, menyam­but baik rencana pelantikan MKDS dan DKDS.

“Terkait rencana pelantikan akan saya sampaikan kepada Bapak Bupati, yang sebelumnya beliau memang antu­sias untuk menerima audensi ini. Namun karena ada tugas mendadak ha­rus berangkat ke Jakarta.”

Yusuf Siregar berharap, dengan niat dan rencana yang baik, juga akan mem­berikan hasil yang baik. Tidak sebatas pada pelantikan, namun juga dalam kait­an partisipasi mengem­bangkan seni budaya untuk mengharumkan nama Deliserdang.

Apalagi, katanya, banyak potensi budaya maupun seni yang menyebar di 22 kecamatan, baik situs-situs maupun seni dan budaya tradisionalnya.

“Nantinya semoga bisa kita gerakan kembali sehingga memberikan manfaat besar bagi kesejahteraan masyarakat.

"Kita juga sudah punya fasilitas seni seperti open stage dan PPUD yang bisa kita maksimalkan pemanfaatannya. Bah­kan di bekas bangunan cadika yang la­ma juga akan kita bangun hall, yang nan­tinya bisa menampung aktivitas se­ni secara optimal," papar wabup.

Wabup berharap, kehadiran dewan kesenian akan lebih membuat potensi seni budaya kita lebih dikenal masya­rakat nasional dan internasional. Juga diharapkan, dewan kesenian bisa men­jadi mitra kerja yang baik untuk me­naikkan prestasi Deliserdang di tanah air, sesuai dengan visi dan misi  Deli­serdang yang maju, sejahtera dengan masyarakat yang religius dan rukun dalam kebinekaan.

Sebelumnya, terkait rencana pelan­tikan MKDS dan DKDS itu disam­paikan Ketua DKDS, Rinto Sustono di­dampingi Sekretaris Nasib TS dan Ben­dahara H Mahyudin Lubis SE dan para ketua komite seni. “Insyaaallah, pelan­tikan kami rencanakan pada 11 September 2019 di PPUD Deliserdang, yang lokasinya di Kecamatan Tanjung­morawa.”

Hadir pada audensi itu, Ketua MK­DS Drs Mihar Harahap MM be­serta Sekretaris MKDS Sugeng Satya Dhar­ma dan pengurus lainnya.

Kepengurusan MKDS dan DKDS itu, imbuh Rinto, terbentuk pada Mu­sya­warah Seniman Deliserdang, pada 6 Juli lalu. Baik MKDS maupun DKDS, pembentukannya atas inisiatif para seniman dan telah diketahui Kadis Porabudpar Deliserdang.

Sementara, Mihar Harahap menu­turkan, MKDS dan DKDS merupakan bentuk partisipasi masyarakat dalam upaya memajukan dan mengembang­kan dunia seni dan budaya di kabupaten tersebut. Interpretasi antara dewan kebudayaan dan dewan kesenian bisa bermakna sama atau berbeda. “Namun kami sepakat untuk menyamakan hal itu dan memilih nama sebagai dewan kesenian. Sebab menurut kami, hasil budaya itu merupakan objek atau hasil dari aktivitas kesenian,” papar Mihar Harahap.

Namun demikian, hasil baru dari pro­ses budaya selalu disebut sebagai kreasi baru. Sehingga Deliserdang me­mer­lukan adanya dewan kesenian dan bukan dewan kebudayaan. Yang kese­muanya tetap meneladani UUD 45, Pan­casila, dan ketentuan perundangan yang berlaku.

Ia juga berharap, MKDS dan DKDS sesuai interpretasi para seniman di daerah itu, semestinya dilantik kepala daerah, termasuk penyediaan fasilitas kesekretariatan dan penunjang aktivitas berkesian lainnya. Tugas MKDS mem­berikan masukan dan saran terkait pem­bangunan seni budaya, juga pemberian penghargaan kepada para tokoh yang peduli dan mengembangkan kreativitas seni dan budaya.

Sedangkan tugas DKDS merencana­kan dan menyelenggarakan kegiatan seni dan budaya dengan melibatkan seba­nyak-banyaknya masyarakat pela­ku seni di Kabupaten Deliserdang. (ak)

()

Baca Juga

Rekomendasi