Mangindar Simbolon : Vandiko "Serep Marroha"

Mangindar Simbolon : Vandiko
Mangindar Simbolon. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Samosir - Mantan Bupati Samosir dua periode, Mangindar Simbolon menilai Calon Bupati Vandiko Gultom memiliki karakter rendah hati dan mau mendengarkan masukan dari berbagai kalangan usia baik muda dan tua.

Selain itu, Vandiko diakuinya selalu gampang bergaul dan membaur kepada siapa saja yang ditemuinya.

"Dia (Vandiko) menghormati semua orang, kalau dalam istilah Batak "serep marroha", makanya saya sangat tertarik dengan sikapnya dan siap mendukung dan memenangkannya," ujarnya di Pangururan.

Sebelum memilih untuk mendukung Vandiko, Mangindar mengaku, sering berkomunikasi dengan orangtua Vandiko, Ober Gultom yang merupakan pejabat teras di Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PU-Pera).

Bahkan, saat dirinya menjadi bupati Samosir, hubungan erat sudah dibina Mangindar dengan Ober Gultom terlebih dalam soal pembangunan infrastruktur ke Samosir.

Sehingga, saat Vandiko ikut bertarung dalam Pilkada Samosir, Mangindar pun meresponnya, dan ia mau terlibat sebagai penasehat di dalam struktur organisasi tim pemenangan Vandiko dan Martua.

Tidak itu saja, Mangindar menilai latar belakang pendidikan Vandiko Gultom yang merupakan lulusan teknik sipil dari Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS), serta pernah bekerja sebagai pegawai dengan perjanjian ikatan kontrak di Kementrian PU-Pera dirasanya sangat penting untuk membuat perubahan di Kabupaten Samosir.

Saat disinggung dalam beberapa kali orasinya, Vandiko menerangkan akan membangun jalan-jalan di berbagai desa di Kabupaten Samosir tanpa menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Samosir, Mangindar menjelaskan, penjelasan Vandiko memiliki tolak ukur, sebab diakui Mangindar, posisi Pulau Samosir yang menjadi inti dari Danau Toba merupakan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

"Saya mendengar pernyataan dari Vandiko tentang jalan itu, saya pun mencari informasi hingga ke pusat dan memang jalan-jalan yang ada di Samosir terkhusus jalan-jalan menuju objek wisata bisa dibangun menggunakan dana dari pusat atau APBN tanpa menggunakan APBD, karena Samosir merupakan daerah strategis pariwisata nasional," tambahnya.

Lalu saat disinggung bagaimana cara dan rencana Vandiko akan memberikan dukungan bea siswa bagi pelajar Samosir hingga jenjang S3.
Mangindar yang merupakan kader Partai Nasdem ini menerangkan, jika pembangunan jalan-jalan pariwisata yang ada di Samosir telah dibangun oleh APBN, maka APBD Samosir akan diperuntukkan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat dan peruntukannya digunakan untuk kesehatan dan pendidikan di Samosir.

"Yang pasti jika Vandiko menang, pemberian bea siswa bagi para pelajar yang berprestasi di Samosir tetap mengikuti proses dan ada tolak ukurnya," katanya mengakhiri.

Sementara itu, informasi yang diterima Analisadaily.com, Selasa (20/10), salah satu warga Pangururan A Naibaho saat ditanya tentang potensi dan peluang Vandiko Gultom dalam perebutan menjadi salah satu calon bupati Samosir menerangkan, setiap kandidat calon bupati baik Marguna Simbolon, Vandiko Gultom dan Rapidin Simbolon memiliki kemampuan yang berbeda beda untuk merebut hati rakyat Samosir.

Vandiko Gultom menurutnya merupakan anak muda dan tentu akan berusaha meraih dukungan dari anak muda milenial Samosir serta gaya penampilannya yang simpel dan praktis.

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi