PPKn Unimed dan Unesa Gelar Pertukaran Dosen Mata Kuliah

PPKn Unimed dan Unesa Gelar Pertukaran Dosen Mata Kuliah
Dosen PPKn Unimed, Prayetno, S.IP, ketika memberikan mata kuliah Sosiologi Politik kepada mahasiswa PPKn Unesa (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Jurusan PPKn Universitas Negeri Medan (Unimed) dan PPKn Universitas Negeri Surabaya (Unesa) melakukan pertukaran dosen mata kuliah untuk semester genap 2020/2021.

Pertukaran dosen dilakukan sebagai tindak lanjut dari perjanjian kerjasama antar institusi yang telah disepakati beberapa waktu sebelumnya.

"Pertukaran dosen ini dilakukan dalam rangka memberikan pengalaman bagi dosen dan mahasiswa untuk interaksi belajar yang lebih luas di luar lingkungan kampus sendiri serta mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) masing-masing institusi," kata Ketua Jurusan PPKn Unimed, Arief Wahyudi, SH, MH, Senin (26/4).

Menurutnya terdapat dua mata kuliah yang dipertukarkan, yakni Sosiologi Politik dan Filsafat Pancasila dengan melibatkan delapan dosen pengampu mata kuliah serta kurang lebih 150 mahasiswa.

"Pertukaran dosen ini dilakukan secara daring dengan dosen PPKn Unimed mengajar di PPKn Unesa dan sebaliknya dosen PPKn Unesa mengajar di PPKn Unimed," jelasnya.

Untuk mata kuliah Sosiologi Politik, sambung Arief, PPKn Unimed mengutus Prayetno, S.IP., M.Si dan Windawati Pinem, S.Sos., M.IP. Sedangkan dosen dari Unesa adalah Dr. Raden Roro Nanik Setyowati, M.Si dan Maya Mustika Kartika Sari, S.Sos., M.IP.

Untuk mata kuliah Filsafat Pancasila, PPKn Unimed mengutus Ramsul Nababan, S.H., M.H dan Dr. Yakobus Ndona, S.S., M.Hum. Sedangkan dari PPKn Unesa Prof. Dr. Warsono, M.S dan Agus Satmoko Adi, S.S., M.Si.

Pertukaran dosen ini dilaksanakan dalam kurun waktu April 2021 dan kuliah perdana telah dilaksanakan pada tanggal 16 April 2021.

"Diawali dengan Dr. Raden Roro Nanik Setyowati, M.Si memberikan mata kuliah Sosiologi Politik bagi Mahasiswa PPKn Unimed dan akan ditutup oleh Windawati Pinem, S.Sos., M.IP dengan memberikan mata kuliah bagi mahasiswa Unesa," sebut Arief.

Sedangkan untuk mata kuliah Filsafat Pancasila diawali oleh Prof. Dr. Warsono, M.S dengan memberikan mata kuliah bagi mahasiswa PPKn Unimed pada tanggal 17 April 2021 dan ditutup oleh Dr. Yakobus Ndona, SS, M.Hum dengan memberikan mata kuliah yang sama bagi mahasiwa Unesa pada tanggal 24 April 2021.

Arief Wahyudi ketika menyambut dosen dari Unesa juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada PPKn Unesa yang telah berkomitmen dalam membangun kerjasama dengan PPKn Unimed.

"PPKn Unimed melihat kegiatan ini sebagai kegiatan penting yang akan ditindalanjuti secara simultan dengan pengembangan mitra kerjasama," tukasnya.

(EAL)

Baca Juga

Rekomendasi