Tingkatkan Kualitas Tanaman Mint, LPPM Unimed Lakukan Pendampingan Kepada Petani Mint

Tingkatkan Kualitas Tanaman Mint, LPPM Unimed Lakukan Pendampingan Kepada Petani Mint
Foto bersama Tim PKM LPPM Unimed dengan masyarakat petani Mint (Analisadaily/istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Program Kemitraan Masyarakat LPPM Universitas Negeri Medan (Unimed) melakukan pendampingan kepada mitra khususnya masyarakat petani tanaman mint sebagai upaya pengembangan sentra produksi dan pemasaran tanaman Mint berbasis teknologi infomasi di Kelurahan Binjai, Kecamatan Medan Denai, Medan, baru-baru ini.

Program yang dijalankan tim dosen Unimed ini terdiri dari Harvei Desmon Hutahaean, S.Kom., M.Kom, Ali Akbar Lubis, S.Kom., M.TI, Muhammad Aulia Rahman S, S.T., M.T, dan Muhammad Dani Solihin, S.Pd., M.T. Kegiatan tersebut bertujuan untuk menghasilkan tanaman Mint yang berkualitas dan meningkatkan pengolahan daun mint menjadi lebih baik dalam bentuk teh daun mint kering sehingga akan menambah nilai jual daun mint itu sendiri.

Tim pengabdian kepada masyarakat juga melakukan pendampingan terutama dalam pengembangan kuantitas dan kualitas tanaman mint serta peningkatan pemasaran dengan memanfaatkan teknologi informasi. Ali Akbar Lubis selaku praktisi pendidikan dan desain produk melakukan pendampingan kepada para peserta dalam membuat kemasan produk yang akan dipasarkan.

Penyerahan bantuan alat produksi kepada petani Mint
Harvei Desmon Hutahaean, S.Kom., M.Kom selaku Ketua Pelaksana Pengabdian Kepada Masyarakat berharap produksi teh daun mint olahan dapat berjalan secara berkelanjutan sehingga mampu meningkatkan ekonomi masyarakat lokal, serta masyarakat yang didampingi dapat secara mandiri meningkatkan produksi dan pemasaran olahan dari tanaman mint mereka.

Hal senada juga disampaikan Muhammad Aulia Rahman dan Muhammad Dani Solihin selaku anggota pelaksana kegiatan. Mereka menyampaikan bahwa pendampingan yang dilakukan kepada masyarakat ini sangat bagus dalam upaya pengembangan sentra produksi dan pemasaran tanaman Mint.

"Semoga kedepannya para masyarakat yang bergerak dalam olahan tanaman ini dapat meningkatkan kesejahteraan hidup mereka," ucap Harvei Desmon

Di akhir kegiatan Tim PKM LPPM Unimed melakukan foto bersama dan pemberian bantuan alat produksi untuk mempercepat pengeringan daun mint.

(REL/JG)

Baca Juga

Rekomendasi