Puncak Peringatan Sumpah Pemuda, Gubsu Beri Apresiasi Peraih Pemuda Pelopor

Puncak Peringatan Sumpah Pemuda, Gubsu Beri Apresiasi Peraih Pemuda Pelopor
Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, memberikan apresiasi kepada peraih pemuda pelopor tingkat nasional (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke 93 tahun 2021 diwarnai dengan keberhasilan Provinsi Sumatera Utara menempatkan pemudanya sebagai juara pertama Pemuda Pelopor Nasional 2021. Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi pun menyatakan kebanggaannya.

Kegiatan puncak peringatan HSP ke 93, Kamis (28/10) di Sumut tergolong sederhana.

Gubsu Edy Rahmayadi, Plt Sekda Provsu Afifi Lubis, Kepala Dispora Sumut Ardan Noor, dan ratusan pemuda mengikuti upacara nasional secara daring dari Gubernuran dan Aula Dispora Sumut Jalan Willem Iskandar.

“Tepat 93 tahun yang lalu, pemuda telah berikrar untuk Indonesia yang satu, bukan karena keseragaman melainkan keberagaman. Bukan karena budaya yang sama, melainkan tekad yang sama. Suku, bahasa, warna kulit, bahkan agama yang berbeda bukan halangan untuk membangun satu Indonesia,” sebut Presiden Joko Widodo.

Gubsu yang didampingi Kadispora Ardan Noor, mengatakan, momentum Hari Sumpah Pemuda yang kita peringati hari ini harus mampu menjadi perekat persatuan kita sebagai bangsa untuk bersama-sama bangkit melawan pandemi, serta mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang kokoh melalui pemuda.

“Semangat Sumpah Pemuda harus terus digelorakan untuk mendorong Sumut yang lebih baik, Sumut yang bermartabat. Tahun ini Sumut juga berhasil menempatkan satu pemudanya sebagai Pemuda Pelopor Nasional 2021 lewat Agunarta Syarifuddin Manik asal Simalungun. Ini adalah kebanggaan bersama, dan ke depan harus lebih banyak lagi pemuda Sumut yang berprestasi secara nasional,” kata Gubsu.

Setelah mengikuti peringatan HSP secara daring, Gubsu dan Kadispora Sumut juga menerima delapan Pemuda Pelopor Tingkat Provinsi Sumatera Utara. Dalam kesempatan itu, Gubsu menyerahkan piagam penghargaan dan uang tali asih pada Pemuda Pelopor Provinsi Sumut.

Adapun Pemuda Pelopor Tingkat Provinsi Sumut 2021 ini yakni Agunarta S Manik dan Maya Siti Sakdiah (Kab Simalungun), Jelita Tambunan (Kab Samosir), Amanda Syapani Hasibuan (Kab Asahan), Siti Aisyah Siregar dan Ade Prima Putri (Kota Medan), Gayus Moses Purba (Kab Tapanuli Utara), dan Raudah (Kab Langkat).

Kepala Bidang Layanan Kepemudaan Dispora Sumut, Budi Syahputra, mengatakan peringatan HSP ke 93 di Sumut berlangsung sederhana. Diikuti sejumlah eleman pemuda, paskibraka Sumut peringatan cukup khidmat. Di Aula Dispora Sumut, pihaknya juga memberikan cinderamata pada delapan Pemuda Pelopor 2021.

“Kami berterimakasih pada Bapak Gubsu, Bapak Kadispora dan semua pihak yang bertekad memajukan Sumut lewat jalur kepemudaan,” bebernya.

(EAL)

Baca Juga

Rekomendasi