Asian Agri Bantu Korban Banjir di Kelurahan Tualang

Asian Agri Bantu Korban Banjir di Kelurahan Tualang
Penyerahan beras dari Asian Agri kepada korban banjir di Kelurahan Tualang (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Tualang - Hujan yang turun hampir merata di Sumatera Utara mengakibatkan meluapnya Sungai Bahilang yang melintasi Kota Tebingtinggi sehingga menimbulkan banjir, terutama di pemukiman penduduk sekitar daerah aliran sungai (DAS), termasuk Lingkungan VI Kelurahan Tualang.

Musibah ini menyebabkan terhentinya aktivitas masyarakat karena warga harus bekerja keras membersihkan rumahnya dari sisa-sisa banjir.

"Hujan deras yang turun beberapa hari lalu menyebabkan meluapnya air sungai ke pemukiman masyarakat. Akibatnya, aktivitas masyarakat terhenti. Meski cepat surut, namun aktivitas ekonomi masyarakat sempat terhenti karena sibuk membersihkan rumah dan perabotan pasca banjir sehingga selama beberapa hari masyarakat tidak produktif," ujar Kepala Lingkungan VI Kelurahan Tualang, Muhammad Zein.

Menanggapi keadaan yang terjadi di masyarakat, Asian Agri melalui PT Nusa Pusaka Kencana (NPK) diwakili Asisten Kepala Jaimin, Kepala Tata Usaha (KTU) Sukamto, dan Asisten Kebun Hasudungan Silalahi memberikan bantuan bahan pokok berupa 40 karung beras untuk 40 kepala keluarga (KK) terdampak banjir di Lingkungan VI Kelurahan Tualang, Rabu (8/12).

"Kami melihat adanya aktivitas ekonomi di masyarakat yang terhenti pada saat banjir dan pasca banjir. Masyarakat membutuhkan bantuan dari semua pihak, baik moral maupun materil. Untuk itu, melalui program CSR (Corporate Social Responsibility) PT NPK berupa bantuan beras kepada warga terdampak banjir, mudah-mudahan bisa meringankan beban masyarakat dalam menghadapi kondisi ini," ujar Jaimin seraya menambahkan, banjir ini terjadi setiap tahun.

Ditambahkannya, sebelumnya, PT NPK bersinergi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Tebingtinggi, Kodim 0204/Deli Serdang, Pemerintah Kecamatan Padang Hulu, dan masyarakat Kelurahan Tualang menggelar gotong royong massal membersihkan parit di kelurahan ini sebagai upaya mengantisipasi musim hujan agar aliran air menuju sungai lancar, khususnya saat hujan lebat.

Masyarakat Tualang khususnya Lingkungan VI, mengaku sangat terbantu dengan bantuan yang diberikan oleh perusahaan ini sebagaimana diutarakan Rodiah.

"Terima kasih atas kepedulian PT NPK, lurah dan kepala lingkungan kepada kami. Saat banjir kemarin, kami tidak bisa beraktivitas seperti biasanya, sehingga tidak ada pemasukan. Semoga bantuan ini dibalas dengan yang lebih baik oleh Tuhan Yang Maha Kuasa," ungkapnya.

Bantuan ini langsung diserahkan dari rumah ke rumah oleh manajemen NPK didampingi Kepala Lingkungan VI Kelurahan Tualang.

(GAS/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi