Festival Gondang Naposo untuk Menarik Wisatawan ke Samosir

Festival Gondang Naposo untuk Menarik Wisatawan ke Samosir
Bupati Samosir, Vandiko Gultom saat membuka Festival Gondang Naposo di Pantai Indah Situngkir, Kecamatan Pangururan, Sabtu (16/4) (ANTARA/HO)

Analisadaily.com, Samosir - Pemerintah Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, menggelar Festival Gondang Naposo di Pantai Indah Situngkir, Kecamatan Pangururan, sebagai rangkaian pertama dari Calender Event Horas Samosir Fiesta 2022 untuk menarik wisatawan lebih banyak lagi datang ke daerah itu.

Bupati Samosir, Vandiko Gultom, mengatakan upaya meningkatkan arus kunjungan wisatawan tidak lepas dari 3A yaitu Atraksi, Aksesibilitas dan Amenitas. Seni pertunjukan salah satu atraksi yang ditunggu wisatawan Samosir karena akan menyajikan What To See, What To Do, sehingga Length To Stay wisatawan di Samosir akan bertambah.

Setelah dua tahun lamanya masa Pandemi Covid-19, Festival Gondang Naposo merupakan even pertama yang dilaksanakan tahun ini dengan mengangkat Tema "Ho Do Na Hupillit" adalah rangkaian Calender Event Kabupaten Samosir tahun 2022 yaitu Horas Samosir Fiesta (HSF) yang dilaunching oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada tanggal 22 Maret.

"Festival Gondang Naposo adalah salah satu yang paling unik, karena event ini adalah ajang mencari jodoh melalui tarian Tortor (Take Me Out Batak Version) yang sudah dikenal dalam budaya Batak sejak jaman dahulu," kata Vandiko.

Lebih lanjut disampaikan, tradisi Gondang Naposo dibuka para Tetua sebelum dilaksanakan dan even ini juga menyajikan perpaduan tortor dari Suhut (tuan rumah) dan Panatti (tamu yang datang). Selain itu, kegiatan ini dilakukan oleh muda-mudi untuk saling menyapa, mengenal sekaligus mencari jodoh.

Festival ini bertujuan untuk pelestarian seni dan budaya Batak yang dikemas menjadi Tourism Attraction (daya tarik wisata), meningkatkan perekonomian masyarakat lokal melalui efek multiplier dari pelaksanaan event sekaligus mempromosikan keunggulan pariwisata Samosir.

Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Samosir, Tetty Naibaho, menyampaikan jumlah peserta di ikuti oleh 16 tim yang berasal dari dalam Kabupaten Samosir dan dari luar Kabupaten Samosir, yakni dari Tapanuli Utara, Humbahas dan Medan.

Festival Gondang Naposo akan dilaksanakan selama 2 hari mulai 16 s/d 17 April yang diisi dengan Perlombaan Tortor dari para naposo (muda-mudi), Hiburan rakyat, Stand Up Paddle di Danau Toba oleh SUP TOBA, Vaksinasi, Pemutaran film 'Anak Danau The Series' oleh Rumah Karya Indonesia dan Lucky draw.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi