Dolly Pasaribu Apresiasi Tambang Emas Martabe

Dolly Pasaribu Apresiasi Tambang Emas Martabe
Menanam pohon dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2022. (Analisadaily/Hairul Iman Hasibuan)

Analisadaily.com, Batangtoru - Bupati Tapanuli Selatan, Dolly Pasaribu, mengapresiasi komitmen Pengelola Tambang Emas Martabe, Agincourt Resources (AR) berperan aktif melestarikan lingkungan.

"Apresiasi tinggi kepada Tambang Emas Martabe atas kepeduliannya terhadap kelestarian lingkungan," kata Dolly saat menghadiri Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2022 bertema "Only One Earth" yang digelar di SMKN 2 Batang Toru, Senin (6/6).

Dikatakan, komitmen pelestarian lingkungan yang dilakukan PT AR itu berupa penanaman 200 bibit pohon sekaligus penyerahan 1.200 bibit pohon ke masyarakat sekitar tambang Batang Toru dan Muara Batang Toru.

"Kiranya kegiatan seperti ini dapat berkelanjutan dan bahkan ditingkatkan demi menjaga lingkungan serta ekosistem lebih sehat, bersih dan hijau hingga ke anak cucu," ujarnya.

General Manager Operations PT AR, Rahmat Lubis, mengatakan komitmen kuat terhadap pelestarian alam sebagai upaya melindungi dan mampu mendukung kehidupan mahluk hidup. Selain tanggung jawab bersama untuk menjaganya.

"Hingga saat ini AR sudah menanam lebih dari 41.000 bibit pohon. Di fasilitas nursery/pembibitan AR juga sudah menyiapkan lebih dari 5.000 bibit tanaman lokal," ungkapnya.

Dijelaskan, dalam pengelolaan lingkungan dan keanekaragaman hayati AR berkomitmen sesuai kaidah pertambangan yang baik sesuai regulasi di Republik Indonesia.

"Dalam survei komposisi dan keanekaragaman flora dan fauna di lokasi rencana pengembangan Tambang Emas Martabe, kami juga bekerjasama dengan beberapa perguruan tinggi terkemuka di bidang pendidikan, sains, penelitian, dan konservasi keanekaragaman hayati. Seperti IPB, UNAS, USU, UMTS, dan UNAR," tambahnya.

Peringatan Hari Lingkungan Sedunia tahun 2022 itu juga diisi sejumlah kegiatan seperti lomba mewarnai dan menggambar kelompok usia 3-5 tahun dan 6-10 tahun.

Lomba Penulisan Esai Lingkungan tingkat SMA/SMK se-Tasel, serta PT AR Goes to School untuk edukasi pengelolaan lingkungan bagi siswa tingkat SD, SMP, dan SMA/SMK di Batang Toru serta lomba cerdas cermat

(HIH/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi