Januri Buka Pelatihan Tata Cara Akses Data BPS Sumut

Januri Buka Pelatihan Tata Cara Akses Data BPS Sumut
Dekan Fakuktas Ekonomi Bisnis UMSU, Januri, membuka pelatihan bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Dekan Fakuktas Ekonomi Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Januri, membuka pelatihan bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat yang dipandu langsung tim BPS Sumut, Ramlan di Aula FEB UMSU Jalan Muktar Basri, Kamis (9/7).

"Pelatihan dan kerja sama dalam Bidang Pendidikan, Bidang Penelitian guna meningkatkan kualitas penelitian baik dikalangan dosen maupun mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis UMSU dan BPS Sumut serta Kegiatan Penelitian dan Magang di BPS Provinsi Sumatera Utara," kata Januri.

Pada kesempatan yang sama, BPS Sumatera Utara menawarkan kerja sama lanjutan disamping 'Pojok Data Statistik' dan Coffe Morning dalam rangka discustion session sebagai salah satu output dari kerjasama tersebut.

Kegiatan tersebut juga disaksikan para wakil dekan, jajaran program studi, dosen dan staf FEB UMSU serta para fungsional statistik dan pranata komputer dosen BPS Sumatera Utara.

Hadirnya 'Pojok Statistik' di lingkungan FEB UMSU diharapkan dapat menjadi wadah dalam memberikan literasi statistik yang berkualitas bagi pengguna data sesuai dengan salah satu misi BPS dalam mewujudkan pelayanan prima di bidang statistik untuk terwujudnya Sistem Statistik Nasional.

"Pelatihan ini dilakukan guna untuk mempermudah mencari data penelitian dan meningkatkan kualitas penelitian mahasiswa dan dosen," tutur Januri.

Ramlan menawarkan peran dan keberadaan Pojok statistik BPS Sumut di lingkungan FEB UMSU dan beroperasi setiap hari dengan petugas layanan yang berasal dari BPS Sumatera Utara tersebut dapat menyodorkan ragam layanan. Diantaranya sosialisasi statistik melalui diskusi statistik, sistem rujukan statistik, rekomendasi statistik, dan berbagi wawasan dan pengetahuan tentang statistik.

"Pembentukan komunitas sadar data di kalangan akademisi dengan melakukan workshop statistik bagi mahasiswa FEB UMSU untuk meningkatkan pemahaman penggunaan data statistik khususnya indikator strategis yang dihasilkan oleh Badan Pusat Statistik Temu Sadar Data berupa diskusi rutin tentang statistik bagi mahasiswa dan dosen sebagai jembatan informasi antar lembaga," tambah Ramlan.

(JW/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi