Dolly Berangkatkan Calon Jemaah Haji Tapanuli Selatan

Dolly Berangkatkan Calon Jemaah Haji Tapanuli Selatan
Bupati Tapanuli Selatan, Dolly Pasaribu, menyerahkan tali asih kepada para calon jemaah haji dari Tapanuli Selatan. (Analisadaily/Hairul Iman Hasibuan)

Analisadaily.com, Tapanuli Selatan - Bupati Tapanuli Selatan, Dolly Pasaribu memberangkatkan Calon Jamaah Haji menuju Asrama Haji Medan dari Masjid Syahrun Nur Sipirok, Minggu (19/6) sore. Ia mengimbau, agar para Calhaj menjaga pola kesehatan selama proses pelaksanaan haji nanti.

"Seperti diketahui di sana musim panas, jamaah harus menjaga pola makan dan minum tentunya harus hidup bersih," kata Dolly.

Kata dia, pandemi Covid 19 belum sepenuhnya hilang, sehingga harus tetap menjadi kewaspadaan terhadap semua pihak, termasuk para Calhaj.

"Pandemi Covid-19 harus tetap menjadi perhatian Calhaj, karena berbagai negara dari penjuru dunia akan berkumpul di tanah suci Makkah," ujarnya.

Lebih lanjut Dolly mengatakan, ia menginginkan para Calhaj mengetahui apa maksud dan tujuan dari berangkat ke tanah suci.

"Dari proses prosesi tepung tawar kemarin, saya rasa jamaah sudah paham atas pelatihan dan arahan yang diberikan ustad," terangnya.

Sebelumnya, Kakan Kemenag Tapsel, Ikhwan Nasution, menjelaskan berdasarkan surat Kemenag Provsu No. 2697/kw.02/4-a/Hj.00/5/2022 Calhaj Tapsel sebanyak 83 orang.

"Mereka tergabung dalam kloter 10 bersama Kabupaten Padang Lawas Utara," ungkapnya.

Dirincikannya, 83 orang itu terdiri 34 pria, 51 perempuan berasal dari 14 kecamatan di Tapsel, yakni Sipirok 7 orang, Saipar Dolok Hole 3 orang, Aek Bilah 1 orang.

Kecamatan Angkola Barat 10 orang, Batang Toru 13 orang, Marancar 5 orang, Angkola Timur 15 orang, Angkola Selatan 3 orang, Batang Angkola 12 orang, Sayur Tinggi 7 orang, Tano Tombangan Angkola 1 orang, Angkola Sangkunur 2 orang, dan Muara Batang Toru 4 orang.

"Untuk Calhaj termuda yaitu Desi Fitriani Harahap dan Imron Harahap berumur 18 Tahun 6 bulan dari kecamatan Angkola Timur, sementara tertua Sahrul Nasution 64 tahun 11 bulan dari Kecamatan Sayur Matinggi," sebutnya.

Ditambahkan, para Calhaj ini dilepas dari Sipirok menggunakan 4 bus dan akan melewati Kota Tarutung dan dipastikan sampai Asrama Haji Medan pada Senin (20/6), untuk selanjutnya diberangkatkan dari Bandara Kualanamu menuju Jeddah Arab Saudi pada Selasa (21/6).

(HIH/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi