Pemerintah Ceko Akan Serahkan 60 Ekor Komodo Kepada Indonesia

Pemerintah Ceko Akan Serahkan 60 Ekor Komodo Kepada Indonesia
Ilustrasi - Komodo (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Jakarta - Sebanyak 60 ekor komodo akan diserahkan oleh Pemerintah Republik Ceko kepada Pemerintah Indonesia untuk selanjutnya dilepasliarkan ke habitat semula di Pulau Komodo.

Novia Widiyaningtyas, Staf Ahli Kementerian Lingkungan dan Kehutanan (KLH) mengungkapkan, sebanyak 60 ekor komodo tersebut merupakan hasil pertukaran satwa di tahun 1990 sebagai salah satu kerjasama Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Ceko dalam perlindungan.

"Dalam pertukaran satwa ini Indonesia menyerahkan komodo, sementara Pemerintah Ceko menyerahkan jerapah lemur, tapirus terestis dan bison," kata Novia di sela-sela International Converence on Wildlife Conversation di Jakarta, Selasa (13/9).

Namun ia tidak menyebut kapan pengembalian komodo itu dilakukan. "Komodo-komodo ini merupakan hasil pertukaran satwa antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Ceko di tahun 1990-an, di mana Indonesia mengirim komodo dan Ceko mengirim bison, lemur, jerapah, dan tapirus terstis," ungkap Novia.

Novia menambahkan, komodo asal Indonesia yang dikirim ke Ceko, meskipun hidup di iklim yang berbeda, ternyata mampu hidup dan berkembang. "Sebelum dilepasliarkan ke habitatnya akan dilakukan adaptasi terlebih dahulu," kata Novia.

(TRY/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi