Peduli Terhadap Karyawan, Tokopedia Raih Best Places to Work Asia-Pacific 2022

Peduli Terhadap Karyawan, Tokopedia Raih Best Places to Work Asia-Pacific 2022
Peduli Terhadap Karyawan, Tokopedia Raih Best Places to Work Asia-Pacific 2022 (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Jakarta - Tokopedia, perusahaan teknologi asal Indonesia, berhasil memenangi penghargaan Best Places to Work Asia-Pacific 2022 dari PRWeek Asia dan Campaign Asia-Pacific, di kategori Best Employee Support.

Penghargaan ini diadakan dengan tujuan untuk membantu perusahaan dalam mengembangkan lingkungan kerja terbaik bagi karyawan mereka, serta sebagai inspirasi untuk menunjukkan tempat kerja dan inisiatif yang luar biasa.

Capaian yang diraih Tokopedia ini tidak terlepas dari tujuan untuk menjadi ‘the most admired technology company’ atau ‘perusahaan teknologi yang paling dikagumi’ bagi para pekerja dan calon pekerja di Indonesia. Melalui penghargaan ini, Tokopedia menjadi lebih dekat untuk memenuhi misi ini.

Tokopedia menjadi perusahaan satu-satunya di Indonesia yang berhasil menang dalam penghargaan ini, dan didukung dari segenap inisiatif Tokopedia yang digelarkan guna mendukung pengalaman bekerja karyawan pada masa pandemi, dengan memprioritaskan kesehatan dan wellbeing Nakama, sebutan karyawan Tokopedia.

Prioritas-prioritas tersebut, antara lain Nakama Wellbeing Ecosystem yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja. Saat ini, Tokopedia memiliki 6 pilar kesehatan; Mental Wellness (Kesehatan Mental), Physical Wellness (Kesehatan Fisik), Emotional Wellness (Kesehatan Emosional), Social Wellness (Kesehatan Sosial), Purpose Wellness (Kesehatan Tujuan), dan Financial Wellness (Kesehatan Finansial).

Para karyawan dapat berkonsultasi dengan psikolog untuk membantu meningkatkan motivasi, sekaligus menjaga kesehatan, baik fisik maupun mental, di tengah pandemi.

Kemudian Work Fun Home. Program ini mendorong karyawan untuk dapat memiliki pengalaman kerja yang lebih menyenangkan dan produktif dari rumah melalui serangkaian kegiatan virtual yang diadakan secara rutin seperti Nakama Got Talent, Nakama Smart Carefully, Positive Talks, Well-being Talks, Nakama eSport Competition.

Tokopedia juga telah menyediakan fasilitas video call dengan dokter perusahaan, jika Nakama dan keluarganya membutuhkan konsultasi medis, serta edukasi terkait Covid-19.

Selain itu, Tokopedia juga menyediakan regulasi bagi orang tua yang bekerja untuk fokus pada tanggung jawab penting, menjadi orang tua dan juga pekerjaan.

Kebijakan tersebut meliputi: cuti hamil, kebijakan masa transisi menjadi seorang ibu (waktu kerja hanya 20 jam/minggu selama 2 minggu berturut-turut), dan cuti 10 hari untuk Nakama yang baru saja menjadi ayah (paternity leave).

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi