Kanwil Kemenag Perkuat Deteksi Dini Potensi Konflik di Sumut

Kanwil Kemenag Perkuat Deteksi Dini Potensi Konflik di Sumut
Kakanwil Kemenag Sumut, Abdul Amri Siregar, di Bandara Kualanamu, Sabtu (19/11) (Analisadaily/Kali A Harahap)

Analisadailiy.com, Kualanamu - Kantor wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sumatera Utara (Sumut) memperkuat deteksi dini potensi konflik hingga ke tingkat bawah.

Hal itu disampaikan Kakanwil Kemenag Sumut, Abdul Amri Siregar, di Bandara Kualanamu, Sabtu (19/11) usai mengikuti Diklat Pelatihan Deteksi Dini Potensi Konflik yang diselenggarakan Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Kementerian Agama di RI di Tangerang, Banten.

"Rekomendasinya ke depan ini sampai ke stakeholder kementerian agama yang di depan. Yakni penyuluh agama, penghulu, tentu juga para pejabat administrator di daerah seperti Kakan Kemenag, dan baru menyasar di level provinsi," kata Abdul Amri.

Kata dia, kegiatan ini juga termasuk bagaimana menerjemahkan peraturan pemerintah nomor 7 tahun 2012, tentang penanganan konflik, dan juga peraturan pemerintah nomor 2 tahun 2015.

"Jadi bagaimana memperkuat peran Kementerian Agama sebagai tindak lanjut peraturan pemerintah, " sebutnya.

Karena Diklat yang digelar baru angkatan I, dan akan ada angkatan berikutnya. Dibimbing bagaimana tata cara memediasi kalau terjadi konflik, bagaimana melakukan langkah-langkah inisiatif untuk perdamaian.

"Jadi yang dipelajari teori-teori dan deskriptif yang diketahui oleh narasumber," terangnya.

(KAH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi