Inalum Hibahkan Bantuan PLTS Rooftop untuk Warga Sigalapang

Inalum Hibahkan Bantuan PLTS Rooftop untuk Warga Sigalapang
Inalum Hibahkan Bantuan PLTS Rooftop untuk Warga Sigalapang (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Balige - Inalum berikan hibah kepada 11 rumah yang belum mendapatkan fasilitas listrik di Dusun Sigalapang, Desa Meranti Timur, Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Kabupaten Toba.

Hibah melalui bantuan PLTS jenis Rooftop menggunakan alokasi dana CSR/TJSL Inalum dengan program mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) yaitu Energi Bersih dan Terjangkau, juga sejalan dengan komitmen Perusahaan untuk mendukung program transisi energi, guna mendorong akselerasi transisi energi konvensional ke energi baru terbarukan (EBT).

Sebelumnya, Inalum telah melakukan survei secara bertahap sejak 28 Maret 2022 kepada masyarakat Meranti Timur, kemudian hasil survei dengan dibantu pemerintah desa setempat didapat ada sebanyak 11 rumah yang memenuhi persyaratan untuk diberikan hibah bantuan PLTS yang belum mendapatkan fasilitas listrik.

Dilanjutkan Sosialisasi Pelatihan dan Perawatan Instalasi Listrik Tenaga Surya yang dilakukan di desa Sigalapang, Meranti Timur dan dihadiri langsung oleh perwakilan dari Inalum, Zainudin Iqbal Sidabutar Silalahi selaku Vice President CSR/TJSL Inalum, F.Z Nando Purba dan Edison Sitorus sebagai desainer proyek PLTS dan tim pendukung lainnya.

Vice President CSR/TJSL, Zainudin Iqbal Sidabutar Silalahi mengatakan, tidak terasa menjelang penghujung tahun ini kita sudah sampai tahap penyelesaian pemasangan instalasi PLTS, diharapkan menjelang Natal dan Tahun Baru bisa menikmati listrik PLTS bantuan dari Inalum.

“Kami berharap dengan adanya bantuan dari Inalum ini bisa bermanfaat kepada masyarakat, sehingga daerah dusun kita ini bisa terang benderang di waktu malam hari, tidak lagi gelap seperti sebelumnya. Kami mengimbau kepada para perangkat desa, tolong nanti bantuan kita ini dapat dijaga dengan sebaik-baiknya,” ungkap Zainudin.

Kepala Desa Meranti Timur, Sarumoaet, mengapresiasi Inalum yang sudah membantu masyarakat Sigalapang dalam memberikan bantuan PLTS.

“Kami mengucapkan terima kasih. Kami doakan agar Inalum semakin maju,” ujarnya.

Pangoluan Siahaan, penerima bantuan hibah PLTS menyampaikan banyak terima kasih kepada Inalum yang telah memberikan bantuan.

“Sekali lagi kami masyarakat banyak mengucapkan terima kasih,” tandasnya.

(VIT/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi