Bupati Dolly Penuhi Janji Hotmix Jalan Penghubung Desa Baringin-Hasang Marsada

Bupati Dolly Penuhi Janji Hotmix Jalan Penghubung Desa Baringin-Hasang Marsada
Bupati Dolly Penuhi Janji Hotmix Jalan Penghubung Desa Baringin-Hasang Marsada (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Sipirok - Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly Pasaribu memenuhi janjinya kepada masyarakat meng-hotmix jalan menghubungkan Desa Baringin dan Hasang Marsada melintasi Desa Sarogodung, Kecamatan Sipirok.

"Alhamdulillah, jalan ke desa kami sudah mulus. Kendaraan sudah cukup lancar. Terima kasih Pak Bupati, Tapsel Dolly Pasaribu," kata warga Desa Saragodung, M Subuki Siregar (50), Selasa (3/1).

Dikatakan, mayoritas warga Desa Saragodung, mengaku salut dan berterima kasih atas keseriusan pemerintah membangun akses jalan ini.

"Lama sudah mengimpikan jalan desa kami mulus, namun baru tahun 2023 ini terwujud. Terima kasih Pak Bupati, Dolly," timpal warga lainnya Toiban Siregar (64).

Terpisah, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas PUPR Tapsel, Fachri Ananda Harahap mengatakan, ruas jalan menghubungkan Desa Baringin-Desa Hasang Marsada melintasi Desa Sarogodung, Sipirok, sudah mulus beraspal hotmix.

"Panjang ruas jalan yang dibangun 2.818 meter lebar 3,50 meter melalui sumber dana APBD 2022 dengan jenis pekerjaan perkerasan hotmix," terangnya.

Dijelaskan, ruas jalan kabupaten itu keterpaduan dengan ruas jalan nasional (Pal XI-Tarutung) dengan ruas jalan provinsi (Sipirok-Tandosan).

"Tujuannya sekaligus mendukung kelancaran akses transportasi ke pusat pelayanan pendidikan Pesantren KH Ahmad Dahlan dan SDN 101214 Sabatolang, Satogodung," ungkapnya.

Selain itu, memenuhi janji Bupati Tapsel dalam rangka mendukung fasilitas pendukung wisata Olahraga Paralayang, mendorong kemajuan program pertanian terpadu Sarogodung.

Menurutnya, akses Jalan Baringin-Hasang Marsada melintasi Sarogodung akan dapat mendorong peningkatan ekonomi masyarakat, serta memperlancar arus bolak balik transportasi moda darat.

"Bagi yang datang atau berurusan ke Kantor Bupati Tapsel dari ibukota kecamatan seperti Arse, SD Hole, dan Aek Bilah pun sebaliknya bisa lancar lewat Simpang Baringin tembus Hasang Marsada (6,3 km) tanpa melewati Pasar Sipirok (tambah 2 km atau 8,3 km) yang Senin-Kamis kerap macet gara-gara hari pekan," katanya.

Lebih lanjut Facri mengatakan, Tahun Anggaran (TA) 2023 Pemkab Tapsel di bawah kepemimpinan Dolly Pasaribu akan menuntaskan sekitar 800 meter lagi ruas jalan kabupaten di daerah yang alamnya dikenal cukup asri, dan panorama hutan serta perbukitan yang luar biasa itu dengan aspal homix.

"Artinya ada sekitar 800 meter di Dusun Saba Tolang yang butuh di-hotmix. Dalam 2023 ini, Insya Allah mulai dari Kelurahan Parausorat lintas Panggulangan-Sarogodung keluar Simaninggir atau Hasang Marsada maupun Baringin tuntas hotmix," ungkapnya.

(HIH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi