Masyarakat Berharap Kolam Retensi Martubung Segera Selesai

Masyarakat Berharap Kolam Retensi Martubung Segera Selesai
Pembangunan Kolam Retensi Martubung (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Penanganan banjir merupakan salah satu program prioritas Wali Kota Medan, Bobby Nasution. Berbagai upaya terus dilakukan Bobby Nasution untuk mengatasi banjir di Ibu Kota Provinsi Sumut, seperti di Kecamatan Medan Labuhan dengan melakukan pembangunan Kolam Retensi di Griya Martubung, Kelurahan Besar, Kecamatan Medan Labuhan.

Adanya kolam retensi diharapkan dapat meminimalisir terjadinya banjir yang selama ini dikeluhkan masyarakat. Pembangunan tahap pertama kolam retensi di Danau Laguna tersebut saat ini sudah selesai, dan pemagaran beton di kolam retensi seluas 10 Ha tersebut sudah terpasang.

Pembangunan tahap kedua kembali dilanjutkan di tahun 2023 ini, diantaranya pembangunan kolam lumpur, fasilitas taman bermain dan jogging track serta tempat pelaku UMKM.

Upaya yang dilakukan Bobby Nasution dalam mengatasi banjir di wilayah Griya Martubung dengan membangun Kolam Retensi mendapatkan dukungan dari warga.

Edy Gurning, warga yang sudah 17 tahun tinggal di Griya Martubung mengungkapkan dirinya sangat berterima kasih kepada Pemko Medan karena telah membangun Kolam Retensi di Griya Martubung, sebab selama tinggal di kawasan itu, Danau Laguna terbengkalai hanya hutan eceng gondok.

"Saya sangat mendukung program ini. Apalagi wilayah ini akan dijadikan destinasi wisata, tentunya secara tidak langsung akan mendongkrak perekonomian warga. Saya berharap pengerjaan ini dapat segera selesai," ucap Edy di lokasi Kolam Retensi Danau Laguna, Selasa (10/1).

Salah satu tokoh masyarakat Griya Martubung, Syahbudin Rambe juga mengungkapkan masyarakat sangat mendukung program Wali Kota Medan dalam mengatasi banjir di Griya Martubung dengan dibangunnya Kolam Retensi.

"Kami tokoh masyarakat sangat mendukung program Pak Wali Kota dalam mengatasi banjir. Kami berharap pembangunan ini dapat segera selesai agar masyarakat dapat merasakan manfaatnya," ucapnya.

Sedangkan Idayati, warga yang tinggal tepat di depan Kolam Retensi berharap pembangunan ini dapat segera selesai, apalagi akan dibangun destinasi wisata dan tempat pelaku UMKM.

"Saya berharap pembangunan ini dapat selesai, apalagi tempat pelaku UMKM yang direncanakan agar dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, dan saya berharap dapat berjualan di sana," ujarnya.

Camat Medan Labuhan, Khairun Nasir menyebutkan, awal pembangunan Kolam Retensi ini karena Wali Kota Medan memprioritaskan penanganan banjir termasuk di wilayah Medan Labuhan. Dengan memanfaatkan Danau Laguna yang dulunya hanya hutan eceng gondok.

Khairun Nasir menambahkan, pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan mendapat respon yang positif serta mereka mendukung program pembangunan ini.

"Sesuai rencana Pak Wali Kota di lokasi Kolam Retensi ini akan dijadikan juga sebagai destinasi wisata air dan dibangun juga sarana olahraga jogging track. Selain itu akan ada juga wisata kuliner yang dapat dinikmati seluruh masyarakat," tandasnya.

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi