Dukung Percepatan Siaran Digital, Stasiun TV Swasta Distribusi 3.900 STB di Sumut

Dukung Percepatan Siaran Digital, Stasiun TV Swasta Distribusi 3.900 STB di Sumut
Penyerahan STB kepada masyarakat di Kantor Camat Batangkuis (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Deliserdang - Stasiun TV swasta, ANTV dan tvOne, mendistribusikan 3.900 unit Set Top Box (STB) gratis bagi masyarakat kurang mampu Sumatera Utara yang meliputi Kabupaten Deliserdang dan Kabupaten Langkat. Pendistribusian STB ini, dalam rangka mendukung percepatan migrasi siaran televisi analog switch off (ASO) ke televisi digital.

Selama periode 17 hingga 23 Januari 2023, Tim ANTV akan mendistribusikan STB secara langsung di wilayah Kecamatan Beringin, Kecamatan Batangkuis, Kecamatan Bangun Purba, Kecamatan Deli Tua, Kecamatan Galang, dan Kecamatan Kuala, Kabupaten Langkat.

Kecamatan Beringin merupakan lokasi pertama yang menerima bantuan STB dari ANTV dan tvOne dengan jumlah penerima STB sebanyak 343 orang atau kepala keluarga pada Selasa (16/1).

Wilayah selanjutnya yang tim ANTV kunjungi untuk menerima bantuan STB gratis adalah Kecamatan Batangkuis (18/1), Kecamatan Bangun Purba (19/1), Kecamatan Deli Tua (20/1) Kecamatan Galang (21/1) dan Kabupaten Langkat di Kecamatan Kuala.

Manager Corporate Communications ANTV, Riyandri Tjahjadi mengungkapkan, dengan beralih ke siaran digital. Pendistribusian STB diberikan kepada masyarakat secara gratis.

"Diharapkan masyarakat dapat menikmati siaran ANTV yang lebih bersih, jernih, dan lebih canggih," katanya, Rabu (18/1).

Camat Batangkuis, Rio Lakadewa mengucapkan terima kasih atas bantuan dan pendistribusian STB diberikan Kementerian Kominfo berkerja sama ANTV dan tvOne kepada masyarakat di Kecamatan Batangkuis, Deliserdang.

"Masyarakat Batangkuis menerima manfaat dari Kementerian Kominfo bekerja sama dengan pihak ANTV dan tvOne. Dalam rangka mengaktifkan dari TV analog ke TV digital," ucapnya.

Menurut Rio, pemberian bantuan STB sangat membantu warga. Apalagi, warga yang kurang mampu di Kecamatan Batangkuis ini, sehingga sangat bermanfaat bagi masyarakat untuk mendapatkan siaran televisi bersih, berkualitas dan jernih.

"Tentunya, kami dari Pemerintahan Kecamatan dan masyarakat terima kasih atas perhatian pemerintah pusat dalam hal ini, Kementerian Kominfo membantu masyarakat kebutuhan sehari-hari perlunya STB ini. Bisa bermanfaat kepada kami," jelas Rio.

Hal serupa disampaikan oleh Kepala Seksi Pemerintahan Kantor Camat Beringin, Kabupaten Deliserdang. Ia mengatakan pendistribusian STB sangat membantu masyarakat.

"Masyarakat di sini senang karena menerima bantuan STB dari ANTV dan tvOne. Masyarakat jadi bisa lebih cepat menonton siaran digital dan dipasangkan langsung oleh tim ANTV," ungkapnya.

Selain mendistribusikan STB, Tim ANTV juga memberikan sosialisasi kepada masyarakat di wilayah penerima tentang bagaimana cara penggunaan STB dan memperoleh siaran digital serta melakukan kunjungan langsung ke rumah warga penerima untuk mempermudah pemasangan STB.

Lebih lanjut disampaikan oleh Riyandri Tjahjadi, semoga pendistribusian STB gratis ini bisa membantu masyarakat yang kurang mampu untuk dapat menikmati siaran digital khususnya siaran ANTV dan tvOne.

Untuk mengakses siaran ANTV via TV digital, pemirsa hanya perlu menghubungkan STB dengan antena UHF jika pesawat TV belum dilengkapi dengan tuner DVB-T2.

Berikut panduan dalam memasang STB: siapkan STB dan antena, pastikan TV dalam mode AV, pindahkan konektor antena biasa dari TV ke STB, pasang kabel RCA atau video audio sesuai dengan warnanya di TV dan juga STB.

Kemudian, nyalakan STB, atur LCN dalam keadaan hidup/ON agar langsung memperoleh channel digital ANTV, masukan kode area atau kode pos daerah tempat tinggal, klik pencarian otomatis dan siaran TV digital siap ditonton.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi