AVI Kualanamu Antisipasi Lonjakan Penumpang Jelang Ramadan-Lebaran

AVI Kualanamu Antisipasi Lonjakan Penumpang Jelang Ramadan-Lebaran
AVI Kualanamu Antisipasi Lonjakan Penumpang Jelang Ramadan-Lebaran (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Kualanamu - PT Angkasa Pura Aviasi (AVI) Bandara Kualanamu terus berbenah untuk meningkatkan pelayanan, khusunya antisipasi lonjakan penumpang pesawat jelang Ramadan dan Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah/2023.

"Sejauh ini kita terus berbenah. Intinya kita akan antisipasi lonjakan penumpang kendati sampai sejauh ini belum dapat angka pasti seperti apa. Tetapi diprediksi akan ada lonjakan," kata Direktur Operasi PT AVI Kualanamu, Heriyanto Wibowo, saat melakukan peninjauan di Terminal Kualanamu, Senin (13/3).

Kata dia, menjelang Lebaran 1444 Hijriah, masuk di pertengahan April 2023, diprediksi akan ada peningkatan penumpang. Sebagai pengelola bandara melakukan persiapan, termasuk sarana prasarana, infrastruktur, personel dan prosedur dibenahi.

Sial jumlah rata-rata pergerakan penumpang pesawat saat ini, Heri mengaku di kisaran 20 ribu orang penumpang per hari. Kalau berkaca pada Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023 pernah di angka tertinggi di kisaran 27 ribu penumpang per hari.

“Tentu ini sebagai angka pisikologis yang akan kita jaga untuk menjaga level of service, security, dan sepertinya kita pakai angka itu,” ujarnya.

Untuk kedatangan luar negeri, menurutnya masih sama seperti biasa, yakni masih di angka 60 persen dari yang sebelumnya. Artinya, pergerakan penumpang, baik domestik dan luar negeri dari Tahun Baru kemarin masih sama pergerakannya, semuanya masih di 20 ribu, sekitar 80 persen.

“Intinya, menyambut Lebaran 2023 PT AVI harus siap di segala lini,” pungkasnya.

(KAH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi