PK IMM Teknik Siap Kawal UMSU dari Pihak yang Coba Jatuhkan Nama Baik

PK IMM Teknik Siap Kawal UMSU dari Pihak yang Coba Jatuhkan Nama Baik
Silaturahmi dan buka puasa bersama (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Gencarnya pihak-pihak yang mengatasnamakan dosen UMSU dengan mencoba menimbulkan suasana tidak harmonis di dalam lingkungan universitas, Ketua Umum PK IMM Teknik UMSU, Fitrah Anugrah menjelaskan dan menegaskan, pihaknya siap kawal UMSU yang sekarang ini dipimpin Prof. Agussani sebagai Rektor.

Apalagi dari pihak-pihak yang mencoba menjatuhkan nama baik UMSU yang saat ini memiliki akreditasi Unggul. Hal itu ditegaskannya dalam acara silaturahim dan buka puasa bersama di rumah Alumni PK IMM Teknik UMSU yang juga Dekan Fakultas Teknik UMSU, Munawar Alfansury Siregar, di Jalan Mesjid, Dusun XIII, Perumahan Citra Graha, Blok F, Desa Bandar Khalipah.

Kegiatan tersebut diawali dengan pengajian yang sampaikan Wakil Dekan I Fakultas Agama Islam, Zailani, Senin (27/3).

"IMM harus mampu membina hubungan baik dengan Pimpinan Perguruan Tinggi Muhammadiyah layaknya seorang anak kepada bapaknya," ujar Ketua PK IMM Teknik dalam sambutannya.

Fitrah juga mengajak teman-taman seperjuangan ambil bagian, terutama prestasi dalam dunia akademik seperti karya tulis ilmiah, pekan karya ilmiah, penelitian mahasiswa sampai untuk mengikuti kompetisi di ajang lokal maupun internasional untuk kemajuan UMSU.

"Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Teknik UMSU adalah organisasi otonom (Ortom) di Muhammadiyah sebagai gerakan mahasiswa Islam di bidang keagamaan, kemasyarakatan dan kemahasiswaan," sebutnya.

Ketua panitia acara Sudirman Lubis mengatakan, UMSU sebagai amal usaha muhammadiyah, yaitu Universitas yang sedang dalam perkembangan pesat menuju kancah Internasional tentu akan menjadi topik perbincangan publik belakangan ini. Berbagai isu-isu, salah satunya hal duga menduga yang dilakukan oleh oknum-oknum di luar Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

"Hal itu tidak benar. Saat ini UMSU telah melakukan langkah-langkah hukum dalam menyelesaikannya," tegas Sudirman.

Kegiatan Silaturahmi dan buka puasa bersama di rumah Alumni PK IMM Teknik UMSU Munawar Alfansury Siregar tersebut dihadiri Piminan Fakultas Teknik UMSU yaitu Wakil Dekan I, Ade Faisal, Wakil Dekan III Affandi, dan Pimpinan Prodi Fakultas Teknik serta para senior dan alumni yang tidak disebut satu per satu.

Munawar Alfasury Siregar, selaku Alumni PK IMM Teknik UMSU yang juga Dekan Fakultas Teknik UMSU mengatakan, sangat bersyukur dengan kehadiran adik-adik, senior, alumni dan Pimpinan Fakultas beserta Pimpinan Program Studi Teknik UMSU dan merasa bangga dengan eksistensi PK IMM Teknik.

"Saya mengutip sambutan Prof. Abdul Mu’ti, yang memberikan nasihat-nasihat tentang peradaban kemanusiaan pada saat resepsi milad di UMSU pada hari kamis tanggal 16 Maret 2023 lalu, beliau mengatakan tentang 4 pilar konstruksi peradaban yakni salah satunya adalah pilar keilmuan yang dilaksanakan di Pendidikan Tinggi khususnya UMSU. Beberapa faktor kemajuan keilmuan tersebut adalah maksimalnya peran mahasiswa, tenaga pendidik (dosen) dan tenaga kependidikan, dimana masing masing memiliki tugas dalam capaian tri dharma perguruan tinggi terkhusus umsu memiki catur dharma," jelas Munawar.

"Terkait isu-isu yang kita dengar belakangan ini, biarkanlah pihak Tim Hukum UMSU yang memprosesnya secara hukum. Diakhir sambutan ini saya selaku Dekan yang sudah tentu berprofesi sebagai Dosen, mengingatkan bahwa capaian-capaian tri dharma atau catur dharma perguruan tinggi yang dikerjakan oleh mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan di formulasikan dalam bentuk sistim kredit semester (SKS)," tambahnya.

Munawar menjelaskan, capaian prestasi yang diraih sekarang ini merupakan bentuk pencapaian dari perjuangan dan komitmen dalam meningkatkan kualitas akademik mahasiswa. Prestasi mahasiswa juga tidak terlepas dari komitmen dan kerja keras seluruh pimpinan fakultas, prodi, dosen dan tenaga kependidikan serta peran senior dan alumni atas dasar rasa kebersamaan dan juga dedikasi pada UMSU.

"Mari kita bangun terus kebersamaan dan raih terus prestasi," pungkasnya.

Selain itu, dia juga menambahkan makna bukber yaitu mempererat tali silaturrahmi dan menjalankan ibadah-ibadah Ramadan sehingga tercapai gelar taqwa.

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi