Bea Cukai Kualanamu Bantu Penumpang Buat Barcode e-CD

Bea Cukai Kualanamu Bantu Penumpang Buat Barcode e-CD
Petugas Bea Cukai Kualanamu saat membantu e-CD penumpang pesawat (Analisadaily/Kali A Harahap)

Analisadaily.com, Kualanamu - Petugas Bea dan Cukai (BC) Kualanamu meningkatkan pelayanan dengan membantu penumpang pesawat yang belum paham betul membuat pengisian elektronik Customs Declaration (e-CD), setibanya tiba di terminal kedatangan internasional.

Seorang pegawai milenial Bea Cukai Kualanamu, Leo, ketika diminta komentarnya tentang asistensi pengisian e-CD ini mengatakan, masih banyak penumpang yang belum paham sepenuhnya bagaimana mengisi e-CD.

“Karena itu kami proaktif membantu penumpang agar mereka bisa mengisi secara cepat dan mendapat layanan terbaik dari Bea Cukai,” kata Leo, Jumat (31/3).

Bantuan petugas pada penumpang dilakukan pengisian e-CD bagi penumpang dari luar negeri diawali membuka e-CD pada situs ecd.beacukai.go.id, kemudian penumpang mengisi data diri seperti nama lengkap, alamat email, nomor paspor alamat tempat tinggal, pekerjaan, kebangsaan, tempat kedatangan, nomor penerbangan dan tanggal kedatangan.

Kemudian data barang bawaan harus diisi dengan lengkap dan benar. Selain itu penumpang juga dapat mendeklarasikan barang berupa handphone, komputer genggam dan tablet yang dibawa untuk registrasi International Mobile Equipment Identity (IMEI).

Ketika pengisian telah selesai diisi, penumpang akan memperoleh Quick Response (QR) Code. QR Code akan dipindai Petugas Bea Cukai saat memasukai area Bea Cukai di Terminal Kedatangan Internasional.

Raju, salah seorang penumpang mengaku sangat terbantu apa yang sudah dilakukan petugas BC Kualanamu. “Tidak semua penumpang paham dan mengerti tata cara pengisian e-CD ini, apalagi lahir di era tahun 60-an. Gagap teknologi,” sebutnya.

“Akan tetapi dengan adanya layanan dari petugas Bea Cumai stand by melakukan bantuan tata cara ini, penumpang yang baru tiba merasa sangat mudah, aman, nyaman, dan lancar,” lanjutnya.

Bea Cukai Kualanamu Bantu Penumpang Buat Barcode e-CD (Analisadaily.com/Kali A Harahap)
Kepala Bea dan Cukai Kualanamu, Elfi Haris, mengaku hal ini dilakukan tidak lain dalam rangka meningkatkan pelayanan bagi penumpang.

Pihak Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) menjelaskan, diluncurkannya pengisian e-CD sejak 1 November 2022, bertujuan mempersingkat waktu pelayanan menjadi lebih cepat, tanpa menggunakan formulir kertas dan fleksibel, karena pengisiannya bisa dilakukan H-3 sebelum kedatangan serta dapat diisi di mana saja.

e-CD merupakan juga pemberitahuan pabean secara elektronik atas barang impor yang dibawa oleh penumpang atau awak sarana pengangkut dari luar negeri.

Bagi penumpang wajib memberitahukan barang bawaannya ke Petugas Bea Cukai dengan mengisi Customs Declaration (CD). Sebab CD merupakan dokumen awal pemeriksaan barang yang tujuannya untuk mengidentifikasi barang-barang termasuk larangan dan pembatasan serta terkena bea masuk atau bukan.

(KAH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi